KPU Katingan Dapat Banyak Dukungan Mutakhirkan Data Pemilih

RAPAT : IST/BERITA SAMPIT - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Katingan saat melakukan koordinasi dengan mitra kerja dalam rangka pemutakhiran data pemilih berkalanjutan (PDPB) tahun 2021.

KASONGAN- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Katingan menggelar Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) Triwulan II, di Kantor KPU Katingan, Selasa 29 Juni 2021.

Rakor kali ini memantapkan kembali koordinasi antar lembaga dan instansi terkait, serta membahas beberapa strategi yang akan dilakukan KPU Katingan dan stakeholder dalam rangka meningkatkan kualitas proses pemutakhiran data pemilih.

Rapat Koordinasi dihadiri Ketua dan Anggota KPU, BAWASLU, jajaran Polres Katingan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, dan Bagian Pemerintahan Setda Kabupaten Katingan.

“Untuk menigkatkan dan menjaga ritme semangat pemutakhiran data pemilih, kita perlu terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak. Ini salah satu strategi KPU Katingan dalam penguatan proses pemutakhiran data pemilih dan kita sudah memasuki Triwulan II,”ujar Subandy, Ketua KPU Katingan dalam sambutannya pada acara tersebut.

Pokok bahasan utama dalam koordinasi ini adalah permasalahan administrasi kependudukan, dimana menghasilkan beberapa rekomendasi penting, diantaranya KPU Katingan segera menindaklanjuti kembali rencana Bupati Katingan untuk menyurati Perintahan Kecamatan dan Desa agar aktif melaporkan mutasi data kependudukan.

BACA JUGA:   Banjir di Kasongan, Sekda Minta Warga Tetap Waspada

Ditempat yang sama Kabid Pemerintahan dan Aset Desa Kurais, mengatakan Dinas Pemerintahan dan Desa melalui kewenangannya mengaktifkan kembali administrator data base masing-masing Desa melaksanakan pemutakhiran data kependudukan Desa.

“Kita (Dinas Pemerintahan Masyarakat dan Desa) nanti akan segera sampaikan kepada pimpinan, agar dapat memberikan arahan kepada Desa untuk kembali mengaktifkan pengadministrasian data kependudukan, petugasnya sudah ada disetiap Pemerintahan Desa diarahkan melaporkan setiap bulannya ke Dinas Kependudukan” ucapnya.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Katingan diwakili Sekretaris Dinas Sukarti, ia mengucapkan optimisnya, kedepan dengan kolaborasi dan koordinasi yang baik akan meningkatkan kualitas data kependudukan serta pastinya memberikan dampak positif bagi Pemerintahan Kabupaten Katingan.

“Saya yakin dengan kolaborasi dan koordinasi yang berkelanjutan, banyak solusi dari kendala-kendala yang dihadapi sendiri oleh kami sendiri bisa teratasi dengan baik, hasilnya kita bisa rasakan sejauh ini sudah banyak laporan dari Desa dan masyarakat untuk pembaharuan administrasi kependudukan, bayak nanti manfaatnya bukan hanya Dinas, Pemerintah Daerah dan KPU Katingan juga demikian,” tutur Sukarti.

BACA JUGA:   BRI Salurkan Bantuan Banjir, Sakariyas : Bantuan Sekecil Apapun Membantu Masyarakat

Dilain pihak, Kasat Intelkam yang hadir mewakili Polres Katingan Febby Dwi Handayani mengapresiasi langkah pemerintah daerah dan KPU dalam rangka mewujudkan pemilu yang berkeadilan melalui data pemilih yang update.

“Kita selalu siap hadir dalam koordinasi seperti ini, inikan kewajiban kita semua untuk berperan aktif memberikan kontribusi, buktinya hari ini beberapa kendala setidaknya ada solusi yang bisa dilakuka, kalo perlu nanti kita bersama KPU Katingan bisa koordinasi kembali mungkin bisa kolaborasi dengan program Desa Tangguh yang dilaksanakan Pores Katingan.” Imbuh Febby, panggilan akrab Febby Dwi Handayani.

(Kawit/beritasampit.co.id)