Pemberdayaan UMKM Ditengah Pandemi, Ini Yang Dilakukan Pemkot Palangka Raya

Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin, saat mengunjungi produk milik pelaku usaha di pameran UMKM salah satu ormas di Palangka Raya, Senin 28 Juni 2021.//Ist-Antara/Makna Zaezar;

PALANGKA RAYA – Guna menggerakkan perekonomian di tengah pendemi Covid-19, Pemerintah Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, terus berupaya mengintensifkan program pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal di wilayah itu.

Hal itu diungkapkan, Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin, saat membuka acara pameran produk UMKM berbasis kearifan lokal yang diselenggarakan salah satu organisasi masyarakat, Senin 28 JuniĀ  2021.

“Kami mengapresiasi kegiatan hari ini artinya kini berorganisasi juga dapat dilakukan sebagai upaya meningkatkan kualitas dan memperluas pemasaran UMKM. Untuk itu kami siap berkolaborasi dengan program peningkatan UMKM ini,” katanya.

BACA JUGA:   BPBD Palangka Raya Minta Warga Waspada Banjir Kiriman

Dikatakan Fairid, saat ini pemerintah kota juga terus melakukan berbagai upaya peningkatan kualitas dan pengembangan UMKM seperti melalui pelatihan serta melaksanakan program Pasar Tani di setiap Jumat yang khusus memfasilitasi penjualan produk pertanian maupun produk olahan hasil pertanian pada UMKM.

Dalam rangka memfasilitasi pemasaran produk UMKM lokal, lanjut Fairid, Pemkot Palangka Raya telah menjalin kerja sama dengan toko ritel modern yang diharapkan bisa mendukung pengembangan UMKM lokal.

Pihaknya juga terus mengembangkan program digital dalam rangka membantu pemasaran produk UMKM.

“Kami melihat penjualan daring memiliki potensi yang luar biasa dan bisa menjadi salah satu jalan keluar dari berbagai persoalan keterbatasan jangkauan penjualan produk UMKM di Palangka Raya,” katanya, dikutip dari Antara.

Fairid menambahkan, pengembangan sektor UMKM tidak hanya berdampak pada penurunan kemiskinan, namun juga berdampak pada penurunan angka kemiskinan dan menjaga kestabilan ekonomi masyarakat dan daerah.

BACA JUGA:   Ketergantungan Berlebihan Membuat Teknologi Digital Dapat Menjadi Bumerang

“Untuk itu kami terus berupaya untuk mengembangkan sektor UMKM melalui berbagai program strategis. Pemkot Palangka Raya berkomitmen untuk terus berupaya membantu para pelaku UMKM dalam memfasilitasi dan memasarkan produk,” kata Fairid.

(BS-65/beritasampit.co.id)