Perpanjangan Waktu Hingga Drama 8 Gol Antarkan Spanyol ke Perempat Final Euro 2020

Pemain timnas Spanyol Koke melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya di laga 16 besar Euro 2020 antara Kroasia melawan Spanyol di Parken Stadium, Copenhagen, Denmark.//Istimewa-ANTARA/Reuters/Friedemann Vogel;

JAKARTA – Dua gol pada babak perpanjangan waktu akhirnya membawa Spanyol ke perempatfinal Euro 2020, setelah mereka dengan susah payah mengalahkan Kroasia 5-3 dalam laga 16 besar Euro 2020 di Stadion Parken, Kopenhagen, Selasa  29 Juni 2021, dini hari.

Pertandingan dilakukan dengan perpanjangan waktu setelah kedua tim di babak normal bermain imbang 3-3. Dua gol kemenangan Spanyol dicetak oleh Alvaro Morata dan Mikel Oyarzabal.

Delapan gol yang tercipta pada pertandingan ini merupakan jumlah gol terbanyak kedua yang tercipta dalam sejarah putaran final Piala Eropa.

Kroasia unggul lebih dulu pada menit ke-20 babak pertama lewat gol bunuh diri Unai Simon. Tetapi 18 menit kemudian pada menit 38 disamakan oleh Pablo Sarabia.

Spanyol mengubah kedudukan menjadi 2-1 pada menit ke-57 melalui gol Cesar Azpilicueta, yang disusul 20 menit kemudian oleh gol Ferran Torres sehingga kedudukan menjadi 3-1.

Drama dimulai pada lima menit menjelang waktu normal selesai, Kroasia menyamakan kedudukan 3-3 berkat dua gol yang diciptakan Mislav Orsic pada menit ke-85 dan Mario Pasalic pada menit 90+2. Dua gol ini memaksa laga dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Pada 15 menit pertama babak perpanjangan waktu, Spanyol menambah dua gol yang keduanya dirancang oleh Dani Olmo.

Rancangan Olmo pertama membuat Alvaro Morata akhirnya memecahkan telur golnya pada menit ke-100. Olmo yang diturunkan sebagai pemain pengganti lalu menciptakan assist kedua bagi gol yang kali ini diciptakan Mikel Oyarzabal pada menit ke-103.

Morata dan juga Oyarzabal akhirnya menjadi penentu nasib baik Spanyol untuk menjalani pertandingan berikutnya melawan Prancis atau Swiss dalam perempatfinal Euro 2020.

(Sumber : Antara)