Warga Apresiasi Perbaikan Makam Minun Dehen

PENINJAUAN : KAWIT/BERITA SAMPIT - Sekretaris Dinas Sosial Ganti Yapman didampingi Kepala Desa Samba Danum Jhon Metro sat meninjau Pembangunan Makam Minun Dehen.

 

KASONGAN – Makam Pahlawan Daerah Minun Dehen yang berlokasi di Desa Samba Danum Kecamatan Katingan Tengah, Kabupaten Katingan, tahun 2021 akan diperbaiki.

Kabar perbaikan ini pun disambut gembira warga, seperti diungkapkan Kepala Desa Samba Danum Jhon Metro. Ia mengungkapkan rasa terima kasih ke pemerintah daerah melalui dinas sosial Katingan.

“Kami sangat berterima kasih ke dinas sosial yang akan membangun makam pahlawan Minun Dehen, harapan masyarakat akhirnya akan terialisasi,” katanya saat ikut meninjau rencana perbaikan makam. Jumat, 02 Juli 2021.

Ditempat yang sama Sekretaris Dinas Sosial Ganti Yapman mengatakan rencana pembangunan Makam Minun Dehen ini sudah lama direncanakan, lantaran ada kendala soal status tanah dengan warga dan Refocusing anggaran harus tertunda.

BACA JUGA:   Madu Kelulut Banyak Khasiatnya, Pemkab Katingan Bahas Strategi Pemasaran dan Management Usaha

Kendati demikian setelah dilakukan komunikasi dengan semua pihak akhirnya menemui titik terang.

“Pak kades juga menyampaikan bahwa rencana pembangunan makam sudah tidak ada masalah, tahun 2021 ini rencananya rehabilitasi sarana dan prasarana Taman Makam Pahlawan Minum Dehen Tumbang Samba sudah dikerjakan,” jelasnya.

Pihaknya juga berencana akan melakukan pemugaran Makam Pahlawan Haji Ikap yang terletak di Desa Samba Bakumpai.

“Kita akan upayakan makam pahlawan Haji Ikap juga bisa dilakukan pemugaran,” singkatnya.

PENINJAUAN : KAWIT/BERITA SAMPIT – Wakil Ketua I DPRD Katingan Nanang Suriansyah saat berdialog dengan Sekretaris Dinas Sosial Ganti Yapman.

Ditempat yang sama Wakil Ketua I DPRD Katingan Nanang Suriansyah yang juga ikut meninjau rencana pembangunan makam mengapresiasi langkah pemerintah daerah merawat aset yang penuh historis perjuangan.

BACA JUGA:   Wabup Katingan Berikan Bantuan ke Warga Terdampak Banjir

“Sebagai salah satu putra Tumbang Samba, Saya sangat mendukung upaya pemerintah membangun makam Minun Dehen, harapan kita hal ini juga dilakukan di aset-aset daerah yang lainya,” pintanya.

Minun Dehen sendiri merupakan Pahlawan asal Kabupaten Katingan yang gugur di Sungai Mare, Desa Samba Bakumpai, Kecamatan Katingan Tengah, Katingan, melawan pasukan KNIL (Tentara Kerajaan Belanda).

Untuk menghormati Minun Dehen pada tanggal 17 Agustus 1952 masyarakat Kota Tumbang Samba yang terdiri dari Desa Samba Danum, Samba Kahayan, Samba Katung, dan Samba Bakumpai mengadakan upacara Tiwah untuk menyempurnakan Jasadnya dan mendirikan Sandung yang terletak di Kota Tumbang Samba.

(Kawit/beritasampit.co.id)