Pemkot Palangka Raya Raih BKN Award 2021, Kategori Komitmen Pengawasan dan Pengendalian

Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin.//Ist-Antara/Rendhik Andika;

PALANGKA RAYA – Pemerintah Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), meraih peringkat dua untuk kategori Komitmen Pengawasan dan Pengendalian dalam ajang Badan Kepegawaian Negara (BKN) Award 2021.

Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin, mengaku bersyukur atas prestasi yang diterima di tengah perjuangan melawan pandemi COVID-19. Penghargaan tersebut, menurutnya, harus menjadi pemacu semangat dalam mewujudkan birokrasi pemerintah yang profesional, tanggap serta adaptif dan inovatif serta kreatif dalam menghadapi berbagai dinamika.

“Palangka Raya yang masuk kategori Pemerintah Kota Tipe B mendapat peringkat dua se Indonesia tentang komitmen pengawasan dan pengendalian pada BKN Award 2021. Kami juga mengapresiasi kinerja dalam mengawasi dan mengendalikan kepegawaian di tubuh Pemerintah Kota Palangka Raya. Penghargaan ini juga sebagai bentuk perhatian BKN di tengah pandemi,” kata Fairid, Sabtu 3 Juni 2021, Dikutip dari Antara.

Sementara, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Palangka Raya, Sabirin Muhtar, menerangkan, Pemkot Palangka Raya mendapat penghargaan bersama Pemkot Banda Aceh di peringkat pertama dan Pemkot Gorontalo di peringkat ketiga.

“Tentunya prestasi pada kategori lima ini juga akan menjadi penyemangat bagi pemerintah Kota Palangka Raya untuk semakin profesional dan inovatif dalam memberikan pelayanan dan melaksanakan tugas serta menjadi pemacu untuk terus meningkatkan kinerja,” katanya.

Ajang BKN Award 2021 sendiri mencakup lima kategori berbeda yakni perencanaan kebutuhan, pelayanan pengadaan, kepangkatan dan pensiun, serta kategori implementasi SAPK dan pemanfaatan CAT. Kemudian Kategori penilaian kompetensi, kategori implementasi penilaian kinerja, serta kategori komitmen pengawasan dan pengendalian.

Penghargaan ini dilakukan BKN sebagai bagian dari pembinaan dalam penyelenggaraan manajemen ASN secara nasional sekaligus juga bentuk apresiasi terhadap instansi yang berhasil menjalankan tugas masing-masing butir manajemen tersebut.

Adapun instansi pemenang pada BKN Award 2021 itu meliputi kementerian dan lembaga negara, lembaga pemerintah non-kementerian, instansi pemerintah daerah mulai tingkat provinsi hingga kabupaten dan kota didasarkan masing-masing tipe instansi.

(BS-65/beritasampit.co.id)