DPR Minta Kominfo Kontrol Penyebaran Berita Covid-19

Anggota Komisi I DPRRI Yan Permenas Mandenas. (istimewa)

JAKARTA– Anggota Komisi I DPRRI Yan Permenas Mandenas berharap Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkoinfo) lebih proaktif dan bersinergi dengan Satgas Covid-19 bahkan Satuan tugas lainnya, guna mengontrol perkembangan dan penyebaran informasi terkait penyebaran pandemi covid-9 dan varian barunya.

“Kemenkoinfo harus menjamin informasi terkait perkembangan covid-19 yang tersebar di publik adalah benar, serta didasarkan pada data serta informasi dari sumber yang valid serta dari lembaga yang kridibel,” tutur Yan, Senin, (5/7/2021).

Publik juga, kata Yan, perlu memiliki informasi yang benar terkait jenis perkembangan virus serta klasifikasi dampaknya secara baik dan komprehensif.

Menurut Yan Mandenas, yang berkembang saat ini di publik hanya berdasarkan pada spekulasi-spekulasi serta opini yang tidak bisa dipertanggung jawabkan, dan dibiarkan tanpa kendali bahkan banyak informasi hoax.

BACA JUGA:   Pembangunan Pendidikan Penting Guna Optimalkan Bonus Demografi

“Menteri Kominfo beserta jajaranya lebih berperan aktif memantau sumber informasi yang beredar serta memastikan bahwa bukan informasi “hoax”, sehingga tidak berpotensi menimbulkan kepanikan masyarakat,” tandas Yan.

Politikus Gerindra itu mengatakan publik membutuhkan informasi terkait perkembangan covid-19 secara benar, agar lebih waspada dan serius melakukan protokol kesehatan. Karena itu, semua informasi yang beredar harus akurat dan teruji.

Dirinya meminta Kominfo dapat membangun komunikasi intensif dengan semua semua media pemberitaan, baik cetak maupun elektronik, dan serta kelompok pengguna media sosial agar ikut mendorong meningkatkan kesadaran serta disiplin masayarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan.

Peran sosialisasi media harus lebih ditingkatkan oleh Kementerian terkait. Menurutnya, disiplin warga dalam menjalankan protokol kesehatan akan ikut menekan laju penyebaran covid-19, termasuk jenis varian baru lainnya.

BACA JUGA:   Ramadan Tiba, Legislator Golkar Dorong Pemda Jaga Stabilitas Harga Pangan

“Media perlu didorong oleh Kementerian Informasi dan Informatika, agar ikut berpartisipasi, melalui pemberitaan, dalam menyukseskan pelaksanaan vaksinasi nasional. Target vaksinasi harian oleh pemerintah harus dicapai agar ketahanan masyarakat kita bisa segera terbentuk.Kesadaran publi mengenai pentingnya vaksinasi harus bisa didorong melalui pemberitaan dan informasi,” beber Yan.

Anggota DPR daerah pemilihan Papua itu bilang dengan informasi yang akurat dengan aktifnya bantuan Kemkojnfo, tingkat kesadaran tinggi, komitmen disiplin masyarakat menerapkan protokol kesehatan serta partisipasi yang luas dalam mengikuti vaksinasi,.

“Dengan begitu bangsa Indonesia bisa segera keluar dari kubangan dan masa-masa sulit menghadapi covid-19 ini,” pungkas Yan Permenas Mandenas.

(dis/beritasampit.co.id)