Lawan Covid-19 dengan Kolaborasikan Program PROKES dan GERMAS

Oleh : Maman Wiharja

Program Protokol Kesehatan (Prokes) awal Maret 2020 banyak digaungkan Indonesia, tujuannya untuk mengantisipasi serangan virus corona alias Covid-19 agar tidak semakin menyebar. Maka prokes, sampai sekarang terus gencar disosialisasikan kepada masyarakat.

Terkait untuk memerangi Covid-19, pengamatan penulis alangkah baiknya kalau program “PROKES” di kolaborasikan dengan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), agar perlawanan memerangi Covid-19, senjatanya semakin kuat dan ampuh.

Agar lebih terarah, setelah program PROKES dan GERMAS di kolaborasikan pihak Dinas Kesehatan melakukan kerjasama dengan TNI dan POLRI, dalam artian semua Babinsa dan Kamtibmas diseluruh Desa, yang sudah melaksanakan (sampai sekarang) berbagai penanganan Covid-19, yang di komandoi oleh masing-masing Dan Ramil dan Kapolseknya.

Sekarang membentuk lagi Tim Khusus Relawan dari para pemuda Karang Taruna, yang dikoordinir oleh masing-masing Camatnya dan Kepala Puskesmasnya.

Pengamatan penulis, Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan, melalui masing-masing Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota sebelumnya telah gencar mensosialisasikan Progran “GERMAS” (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat).

Nah, kalau 7 langkah program GERMAS dikolaborasikan dengan program PROKES maka

untuk lebih meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pola hidup sehat, akan lebih mantap. Dan yakin, kalau dilaksanakan bisa mencegah berbagai masalah kesehatan, khususnya virus corona alias Covid-19.

BACA JUGA:   Antusias Warga Kobar Tinggi Ikuti Vaksinasi Covid-19

Mari kita kaji dan laksanakan 7 ‘senjata pamungkas’ untuk memerangi berbagai penyakit yang tertulis dalam Program ‘GERMAS’.

1. Melakukan Aktivitas Fisik : Jangan lupa untuk melakukan peregangan atau olahraga minimal 30 menit dalam sehari dan aktivitas fisik bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, misal berjalan kaki, bersepeda atau berenang, dll.

2. Makan Buah dan Sayur : Mengonsumsi buah dan sayur setiap hari merupakan salah satu langkah hidup sehat. Batasilah makanan yang mengandung gula, garam, dan lemak yang terlalu tinggi.Dan mengonsumsi buah,sayur lebih baik tidak usah di jus, karena kalau di jus akan menghilangkan protein aslinya dari buah atau sayur tersebut.

3. Tidak merokok : Berhenti merokok dapat memberikan banyak manfaat. Beberapa diantaranya adalah tekanan darah, denyut nadi, dan aliran darah bisa membaik. Risiko kanker paru dan jantung koroner juga berkurang. Kalau dibiasakan merokok, maka berbahaya besar.

4. Tidak Meminum Alkohol dan Menggunakan Narkoba : Minuman beralkohol dan narkoba memiliki efek buruk bagi tubuh. Efek buruk yang ditimbulkan mulai dari kesehatan hingga efek sosial.

5. Cek Kesehatan Secara Berkala : Untuk menjaga kesehatan, periksalah secara rutin setiap 6 bulan sekali. Mulai dari tekanan darah, kadar gula darah, kolestrol, hingga lingkar perut. Ini berfungsinya untuk mengetahui kondisi tubuh yang sebenarnya. Karena bisa saja kita tidak menyadari bahwa ada penyakit tidak menular akibat pola hidup yang tidak sehat.

BACA JUGA:   Perlukah Pemukiman Warga di Zona Banjir Aruta Direlokasi ?

6. Menjaga Kebersihan Lingkungan : Menjaga kebersihan dapat meningkatkan kualitas lingkungan. Bisa dilakukan dengan cara membuang sampah pada tempatnya, menggunakan air bersih, dan memastikan bahan makanan bebas dari pewarna maupun pengawet yang berbahaya.

7. Menggunakan Jamban Sehat : Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan adalah dengan menggunakan jamban keluarga. Artinya, Anda harus membuang kotoran di tempat yang seharusnya. Karena menggunakan jamban yang sehat dapat menghindari penyakit seperti diare, thypus, infeksi saluran pencernaan, penyakit kulit, dan keracunan.

Nah, ke 7 langkah Program GERMAS tersebut diatas, kalau dikolaborasikan dengan program Protokol Kesehatan, yang nota bene di masing-masing poin yang 7 langkah, dibarengi dengan moto Prokes, yakni paka Masker, Mencuci tangan pakai sabun, Menjaga jarak, Menghindari kerumunan. Maka, virus corona Covid-19 macam apapun dengan sendirinya akan hilang menjauhi manusia.
SEMOGA.*****

Penulis adalah wartawan beritasampit.co.id berdomisili di Pangkalan Bun.