Pemkab Kotim Berikan Bantuan Dana Operasional untuk Optimalkan PPKM

Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor berfoto bersama para lurah saat menerima bantuan untuk operasional PPKM berskala mikro di Sampit, Senin 12 Juli 2021.//Ist-ANTARA/Norjani;

SAMPIT – Sembilan kelurahan yang tersebar di Kecamatan Baamang dan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) akan menerima bantuan dari pemerintah daerah setempat.

Sembilan kelurahan ini dibantu karena kelurahan yang berlokasi di dalam kota Sampit ini memang menjadi tempat terbanyak penderita COVID-19.

Dana bantuan diberikan untuk mengoptimalkan pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro.

“Saya memahami bahwa PPKM di kelurahan belum maksimal karena kesulitan dana yang sangat minim. Makanya kini dibantu anggaran untuk mengoptimalkan PPKM ini,” kata Bupati Kotim Halikinnor, Senin 12 Juli 2021.

Adapun dana bantuan untuk operasional pelaksanaan PPKM berskala kecil dimasing-masing keluarahan sebesar Rp11.250.000. Dana tersebut diambil dari dana tidak terduga yang diarahkan untuk penanganan COVID-19 yang selanjutnya digunakan untuk uang konsumsi dan operasional sebesar Rp75.000 per orang.

BACA JUGA:   PTM di Kotim Terus Dievaluasi Meski Kasus COVID-19 Melandai

“Saat ini kita berikan dengan nominal itu dulu. Kalau masih diperlukan, nanti kita tambah,” kata Halikinnor, usai rapat penyerahan bantuan tersebut.

Halikinnor berharap bantuan dana operasional tersebut dapat membuat kegiatan di posko PPKM bisa lebih optimal sebagai upaya memutus mata rantai penularan COVID-19.

Secara khusus Halikinnor memerintahkan PPKM di setiap kelurahan diarahkan untuk mengawasi penderita COVID-19 yang menjalani isolasi mandiri. Pemantauan harus dilakukan secara rutin untuk memastikan agar penderita COVID-19 tersebut tidak keluyuran dan tidak membahayakan orang lain.

Halikinnor juga memerintahkan petugas mendata jumlah pasien isolasi mandiri di wilayah masing-masing untuk diberikan bantuan sembako, sehingga mereka tetap bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari meski tidak bekerja.

“Tadi juga ada usulan kelurahan membuat dapur umum. Silakan saja jika memang itu bisa dilakukan. Yang penting dikelola dengan baik. Pastikan pasien isolasi mandiri itu tetap berada di rumah hingga mereka sembuh,” demikian Halikinnor. Dikutip dari Antara.

Sementara, Pelaksana Tugas Camat Mentawa Baru Ketapang Huzaifah menyampaikan terima kasihnya atas bantuan yang diberikan pemerintah daerah yang diharapkan bisa membantu pelaksanaan PPKM agar berjalan lebih baik lagi.

BACA JUGA:   Halikinnor Doakan Rudini Jadi Ketua DPRD Kotim

“Selama ini diakui masalah dana ini cukup menjadi kendala. Selama ini banyak aspirasi yang disampaikan kelurahan terkait dana operasional ini. Alhamdulillah ada bantuan ini. Mudahan pelaksanaannya bisa lebih maksimal,” ucap Huzaifah.

Sementara itu, data terbaru Senin siang terdapat 37 kasus baru COVID-19, 27 orang sembuh dan satu orang meninggal dunia. Secara keseluruhan, jumlah kasus COVID-19 sebanyak 3.635 kasus terdiri dari 3.044 kasus sembuh, 489 masih ditangani dan 102 orang meninggal dunia.

(BS-65/beritasampit.co.id)