Wagub Kalteng Minta Peran dan Masukan Semua Pihak Dalam Penyusunan RPJMD

VIRTUAL : IST/BERITA SAMPIT - Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo saat membuka kegiatan Konsultasi Publik RPJMD Provinsi Kalteng Tahun 2021-2026, secara virtual.

PALANGKA RAYA – Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo membuka kegiatan Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Kalteng Tahun 2021-2026, secara virtual dari Ruang Rapat Wagub Kalteng, Senin 12 Juli 2021.

Wagub menjelaskan tujuan dari pelaksanaan konsultasi publik rancangan awal RPJMD Provinsi Kalteng tahun 2021-2026 ini, sebagai salah satu upaya untuk memperoleh masukan penyempurnaan dari seluruh pemangku kepentingan. Sehingga pemangku kepentingan, dapat terlibat secara langsung dari proses awal penyusunan RPJMD Provinsi Kalteng.

“Penyusunan rancangan awal RPJMD merupakan penyempurnaan rancangan teknokratik RPJMD yang telah disusun pada tahun 2020, dengan berpedoman pada visi, misi dan program Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih. Sebagaimana diketahui bahwa tanggal 25 mei 2021 yang lalu telah dilaksanakan pelantikan pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih dengan masa jabatan 2021-2024. Dengan telah dilantiknya Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih Provinsi Kalteng,” ucapnya.

BACA JUGA:   Vaksin Massal, Warga : Terima Kasih Kejati Kalteng

Edy Pratowo menjelaskan Pemerintah Daerah diwajibkan menyusun dokumen perencanaan 5 tahunan, yaitu dokumen rencana pembangunan jangka menengah daerah. Penyusunan rancangan awal RPJMD, dimulai sejak Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih dilantik.

Perlu diketahui Gubernur Kalteng Sugianto Sabran dan Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo telah menetapkan 5 misi yang diharapkan dapat menuntaskan permasalahan yang terjadi di Provinsi Kalteng, yaitu mempercepat pembangunan ekonomi yang produktif, kreatif dan berwawasan lingkungan, memperkuat ketahanan daerah dalam mengantisipasi perubahan global, mewujudkan tata kelola Pemerintahan yang baik melalui reformasi birokrasi, mempercepat pembangunan sumber daya manusia yang cerdas, sehat dan berdaya saing serta meneguhkan kalteng yang beriman, berbudaya dan berkesetaraan gender.

BACA JUGA:   Gelora Tolak PPKM Tanpa Disertai Solusi Pelaku Usaha

Pada kesempatan itu Kepala Bappedalitbang Provinsi Kalteng Yuren S. Bahat, dalam laporannya mengatakan bahwa Penyusunan rancangan awal RPJMD merupakan penyempurnaan rancangan teknokratik dengan berpedoman pada visi, misi dan program Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah terpilih dan Penyusunan rancangan awal RPJMD dilakukan sesuai dengan kaidah perumusan kebijakan perencanaan.

(Hardi/Beritasampit.co.id)