Bulog: Stok Beras di Kalteng Aman Untuk Kebutuhan Empat Bulan

Kepala Bidang Pengadaan Operasional dan Pelayanan Publik (POP2), Bulog Divisi Regional (Divre) Kalteng Akhmad Roni Anwar.//Ist-ANTARA/Rendhik Andika;

PALANGKA RAYA – Perum Bulog, Kantor Wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng), memastikan stok beras dan sejumlah kebutuhan pokok lain cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam empat bulan.

Selain beras pihak Bulog Kalteng juga masih memiliki ketersediaan 14 ton daging kerbau beku, 41 ton gula pasir dan 2.800 liter gula pasir.

“Stok beras yang dimiliki Bulog Kalteng untuk pelayanan rutin masyarakat itu sebesar 4.803 ton. Jumlah itu cukup untuk memenuhi kebutuhan selama empat bulan, Kemudian juga masih dalam perjalanan sebanyak 18.000 liter minyak goreng yang kita harapkan segera sampai,” kata Kepala Bidang Pengadaan Operasional dan Pelayanan Publik (POP2), Bulog Divisi Regional (Divre) Kalteng, Akhmad Roni Anwar, di Palangka Raya, Selasa 13 Juli 2021

BACA JUGA:   SMA Negeri 2 Kumai Bekali Siswa untuk Ikuti Olimpiade Sains Nasional

Terkait serapan beras dari wilayah food estate dan wilayah penghasil beras lain di wilayah Provinsi berjuluk “Bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila” sampai saat ini total serapan sebanyak 2.977 ton.

“Serapan itu didominasi dari wilayah Food Estate di Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Pulang Pisau. Selain itu juga ada dari produksi beras dari wilayah Pagatan,” kata Roni, dikutip dari Antara.

Seluruh serapan tersebut oleh Bulog Kalteng dimanfaatkan untuk menambah stok di gudang dan sebagian lainnya dipasarkan kembali kepada masyarakat di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah.

BACA JUGA:   Kalteng Masuk 10 Besar Inflasi Terendah

“Sementara untuk tingkat konsumsi masyarakat Kalimantan Tengah terhadap beras Bulog sendiri berkisar 10-15 persen dari total konsumsi warga Kalteng terhadap beras,” katanya.

Saat dikonfirmasi arus distribusi beras dan bahan pangan ke wilayah Kalimantan Tengah saat pemberlakuan pengetatan perjalanan ke wilayah Kalteng dia mengaku tidak ada kendala dan berjalan lancar.

“Jika persyaratan dokumen untuk melakukan perjalanan terpenuhi Bulog yang bergerak di bidang logistik pangan menjadi salah satu sektor yang mudah untuk akses lalu lintas selama pemberlakuan pengetatan. Jadi tidak ada masalah,” katanya.

(BS-65/beritasampit.co.id)