Pemuda Pencuri Kabel di Sampit Ternyata Mantan Pegawai PLN

IST/BERITA SAMPIT - IL (25) pelaku pencuri Kabel bersama barang bukti telah diamankan di Polsek Ketapang, Selasa 13 Juli 2021.

SAMPIT – Mengaku sebagai petugas PLN seorang pemuda berinisial IL (25) pencuri kabel listrik di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, diringkus jajaran Polsek Ketapang, Selasa 13 Juli 2021 siang.

Dalam aksinya IL yang juga mantan pegawai PLN bagian teknisi jaringan di Kabupaten Katingan ini terbilang cukup cerdik. Setiap menjalankan aksinya Dia kerap menggunakan baju Dinas PLN dan tanda pengenal lama miliknya guna mengelabui warga.

“Dalam satu bulan ini pelaku sudah melaksanakan aksinya kurang lebih 8 sampai 9 kali, dan beraksi pada siang dan malam hari dengan alasan perawatan jaringan,” kata Kapolres Kotim AKBP. Abdoel Harris Jakin, melalui Kapolsek Ketapang AKP. Samsul Bahri.

Terungkapnya kasus ini menindaklanjuti informasi masyarakat, bahwa sering terjadi kehilangan kabel di Kota Sampit, seperti di depan Gaget Mart di Jalan Pelita dan di Sawit Raya jalan Jenderal Sudirman serta di tempat lainnya di Kota Sampit.

Pelaku sendiri berhasil diringkus di rumah keluarganya tanpa perlawanan. Dari hasil penyelidikan sementara, IL menjalankan aksinya hanya seorang diri dengan sasaran trafo dan kabel listrik sejumlah titik di wilayah Kota Sampit.

“Kabel hasil curian kemudian dibawa pulang ke rumah dan di kupas lalu dijual,” ujar Samsul.

Aksi pelaku ini tentunya sudah sangat merugikan, bukan hanya dari pihak PLN, namun juga pada warga. Karena ada kabel yang hilang dicuri pelaku membuat beberapa wilayah sempat terjadi pemadaman.

Kini IL beserta sejumlah barang bukti seperti pakaian baju lapangan PLN, tanda pengenal, peralatan kelistrikan serta sejumlah kabel telah diamankan polisi.

“Kami juga masih melakukan pengembangan kepada pembeli atau penadah kabel curian tersebut,” tutup Samsul. (Cha/beritasampit.co.id).