Ciptakan Puruk Cahu Bersih dan Sehat Tanggung Jawab Bersama

LULUS/BERITA SAMPIT - Wakil Ketua Komisi I DPRD Mura, Tuti Marheni.

PURUK CAHU – Dalam menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal penduduk bukan mutlak menjadi kewajiban Pemerintah melainkan menjadi tugas bersama Pemerintah dan masyarakat. Hal itu diungkapkan Wakil Ketua Komisi I DPRD Murung Raya (Mura), Tuti Marheni, Rabu 14 Juli 2021.

“Untuk itu perlunya sebuah kesadaran. Kita perlu menjaga dan melestarikan agar lingkungan kita tetap bersih dan sehat. Oleh karena itu, masyarakat diminta dapat berperan aktif dalam menjaga dan turut melestarikan lingkungan tempat tinggal, sehingga terwujudnya tempat tinggal yang bersih dan sehat,” tuturnya.

BACA JUGA:   Dewan Dorong Pemanfaatan Lahan Kosong

Tuti juga mengatakan, bahwa menciptakan dan menjadikan kota Puruk Cahu tetap bersih dan sehat ini tidak hanya menjadi tugas pemerintah, namun menjadi tanggung jawab bersama masyarakat. Sehingga nilai estetika kota tetap baik dan jauh dari kekumuhan.

“Semuanya harus ada sinergi yang baik, sebaik apapun program kita kalau masyarakat tidak mendukung dan terlibat itu juga percuma, karena kebersihan lingkungan tetap subjeknya adalah masyarakat,” jelasnya.

BACA JUGA:   Dewan Minta Pemda Perhatikan Sarpras Pendidikan di Wilayah Terpencil

Menurutnya, banyak faktor yang dapat menyebabkan lingkungan kumuh dan tidak sehat, diantaranya kesadaran kebersihan rendah, membuang sampah sembarangan, bahkan fasilitas saran dan prasarana tempat penampungan sampah di rusak atau hilang.

“Untuk itu, saya minta kerjasama masyarakat untuk membantu Pemerintah paling tidak melakukan dari hal kecil dengan tidak membuang sampah sembarangan. Mari kita sama-sama membangun kota kita tercinta ini dengan rasa kebersamaan,” pungkasnya. (Lulus/beritasampit.co.id).