DPRD Mura Minta Diskop UKM Perindag Cek Kesehatan Hewan Kurban

LULUS/BERITA SAMPIT - Anggota Komisi III DPRD Mura, Rabul Yakin, Amd. Kep.

PURUK CAHU – Pada masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, anggota Komisi III DPRD Murung Raya (Mura), Rabul Yakin mengingatkan agar Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan dan Dinas Kesehatan untuk secara berkala melakukan tes kesehatan hewan kurban menjelang hari raya Idul Adha pada 20 Juli 2021 mendatang.

“Kami mengingatkan khususnya Dinas Koperasi UKM Perindag untuk mendata pelaku-pelaku usaha terutama penjual sapi dan kambing, baik itu di Mura atau yang didatangkan dari luar Kalteng harus dipastikan sehat,” tutur Rabul, Rabu 14 Juli 2021.

BACA JUGA:   Dewan Apresiasi Perhatian PBS Ke Warga Desa Binaan Lingkar Tambang

Menurutnya, jika hewan kurban tersebut diimpor dari luar daerah, minimal ada kepastian bahwa sapi tersebut harus sehat, khawatirnya di masa Covid-19 ini ada kemungkinan penyebaran itu melalui sejenis binatang atau dari manusia. Meskipun secara medis atau kajian ilmiah belum ada, namun sebagai manusia tentu harus waspada.

Politisi dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tersebut mendorong agar Dinas Koperasi UKM Perindag mengandeng satuan tugas (satgas) Covid-19 dan Dinas Kesehatan untuk sejak dini mempersiapkan tes kesehatan di lokasi-lokasi penjual sapi.

BACA JUGA:   Petugas Pustu Diminta Selalu Ada di Tempat

“Harus dipastikan bahwa dagingnya benar-benar layak untuk dikonsumsi, karena daging ini pasti seluruh warga akan dapat, kalau tidak sehat atau terpapar ada penyakit menular tentu sangat mengkhawatirkan,” pungkasnya. (Lulus/beritasampit.co.id).