Ivo Minta Pokja Bunda PAUD Bekerja Maksimal

IST/BERITA SAMPIT - Bunda PAUD Provinsi Kalteng Yulistra Ivo Sugianto Sabran saat memberikan arahan

PALANGKA RAYA – Bunda PAUD Provinsi Kalteng Yulistra Ivo Sugianto Sabran membuka secara resmi, kegiatan Sosialisasi Pengembangan Program PAUD Berkualitas dengan layanan holistik Integratif, acara tersebut dilaksanakan dari Aula Serbaguna, Istana Isen Mulang, Rabu 14 Juli 2021.

Sosialisasi ini digelar Kelompok Kerja (Pokja) Bunda PAUD, dalam rangka peningkatan kompetensi pengurus Pokja Bunda PAUD dan Pendidik PAUD. Acara ini dihadiri secara virtual dari tempat masing-masing oleh unsur Bunda PAUD, Pengurus Pokja Bunda PAUD, Pendidik dan Tenaga Kependidikan dari 3 Kabupaten yaitu Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Seruyan dan Kabupaten Katingan dan Tim Pokja PAUD Provinsi Kalteng.

Dalam kesempatan itu Ivo Sugianto Sabran menyampaikan bahwa Studi kebijakan pengembangan anak usia dini holistik, dan integratif yang dilakukan oleh kementerian PPN/ Bappenas menyatakan bahwa pengembangan anak usia dini secara menyeluruh (holistik) mencakup kesehatan dasar, gizi, dan pengembangan emosi serta intelektual anak, perlu dilakukan secara baik karena amat menentukan perjalanan hidupnya dikemudian hari.

BACA JUGA:   Si Komos Mendekatkan TNI Dengan Masyarakat

“Masa usia dini, merupakan masa kritis tumbuh kembang anak yang akan menentukan perkembangan anak pada tahap selanjutnya,” ucapnya.

Pelaksanaan Penyelenggaraan PAUD holistik integratif meliputi kegiatan Pembelajaran, Layanan Kesehatan dan gizi, deteksi dini tumbuh kembang anak (DDTK), pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), pengasuhan dan Perawatan, perlindungan dan parenting.

“Diharapkan Pokja Bunda PAUD dapat bekerja secara optimal, karena Pokja Bunda PAUD adalah perpanjangan dari Bunda PAUD dalam melaksanakan program-program yang telah direncanakan, sehingga pencapaian kinerja akan lebih maksimal, mengingat besarnya berbagai persoalan dan tantangan yang dihadapi, Pemerintah Daerah membutuhkan dukungan dari semua pihak, karena PAUD memiliki peran yang strategis dalam pengembangan sumber daya manusia,” pungkasnya.

BACA JUGA:   Hima Kobar Palangka Raya, Galang Dana untuk Korban Banjir Arut Utara

Sebagaimana disampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya adalah upaya nyata peningkatan kualitas layanan PAUD Holistik integratif dan memberikan pemahaman tentang PAUD Holistik Integratif karena selama ini masih banyak kesalahan pahaman terkait PAUD-HI yang dianggap program baru padahal PAUD-HI adalah penanganan anak usia dini secara utuh (Menyeluruh) yang mencakup layanan gizi dan kesehatan, Pendidikan dan pengasuhan, dan perlindungan, untuk mengoptimalkan semua aspek perkembangan anak.

(Hardi/Beritasampit.co.id)