Kunjungi Peternakan, Wabup Seruyan Dorong Warga Beternak Kambing

KUALA PEMBUANG – Wakil Bupati Seruyan Hj. Iswanti mengunjungi peternakan kambing Etawa milik warga Desa Pematang Panjang, Kecamatan Seruyan Hilir, Kabupaten Seruyan beberapa waktu lalu.

“Saat ini ternak kambing menjadi salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan tanpa adanya spekulasi. Sebab disamping modal yang relatif dapat disesuaikan dengan isi kantong, faktor resiko kegagalannya pun tergolong sangat kecil,” kata Wabup Iswanti.

Iswanti mendorong warga untuk beternak kambing agar dapat meningkatkan perekonomian warga setempat. Dia menyebut, beternak kambing potensinya cukup menjanjikan mengingat kebutuhan daging kambing lumayan banyak. Apalagi menjelang Hari Raya Idul Adha.

BACA JUGA:   Polisi Bekuk Tiga Pengedar Narkoba, 25,5 Gram Sabu Diamankan

“Selain untuk budidaya dan produksi daging, manfaat dari memelihara kambing juga dapat menghasilkan kotoran yang bernilai untuk dijadikan pupuk organik tanaman sehingga ternak kambing tentu bisa di integrasikan dengan tanaman,” kata dia.

Selain itu, dia menjelaskan bahwa produktivitas kambing bisa dibilang sangat tinggi. Dalam kurun waktu 1 tahun seekor kambing betina dapat melahirkan 2 hingga 4 ekor kambing.

BACA JUGA:   Kapolres Seruyan Raih Penghargaan dari Kapolda Kalteng

“Coba bayangkan jika kita memiliki 10 ekor kambing betina dalam setahun yang minimal bisa melahirkan 2 ekor. Maka sudah 20 ekor kambing yang dapat kita jual. Bisa dibayangkan keuntungan yang kita dapatkan, ditambah lagi dengan pertambahan bobot indukan yang semakin besar,” ujarnya lagi. (ASY)