Antisipasi Lonjakan, Polda Kalteng Bersiap Sewa Hotel Tempat Isolasi

MENINJAU : IST/BERITA SAMPIT - Wakapolda Kalteng Brigjen Pol Ida Oetari Poernamasasi saat meninjau fasilitas hotel yang akan dijadikan rumah sakit darurat

PALANGKA RAYA – Mengantisipasi lonjakan kenaikan pasien Covid-19 di Kalimantan Tengah, Wakapolda Kalteng Brigjen Pol Ida Oetari Poernamasasi, mengecek fasilitas, dan sarana prasarana (Sarpras) Hotel Aman yang rencananya disewa untuk dijadikan Rumah Sakit Darurat Covid-19 oleh Rumah Sakit (Rumkit) Bhayangkara Tk III Palangka Raya Polda Kalteng, Kamis 15 Juli 2021.

Dalam kesempatan itu Wakapolda Kalteng Brigjen Pol Ida Oetari Poernamasasi, menyampaikan rencana penyewaan hotel menjadi Rumah Sakit Darurat Covid-19 untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan pasien Covid-19 di Rumkit Bhayangkara Palangka Raya Polda Kalteng dikarena ruang isolasi untuk perawatan penanganan pasien Covid-19 tersebut hampir penuh.

“Hotel yang rencananya akan dipilih untuk dijadikan RS Darurat Covid-19 yaitu Hotel Aman bertempat di Jalan Galaxy 2 Kota Palangka Raya, dimana tataletak tempat Hotel ini jauh dari lingkungan masyarakat dan cocok sebagai tempat perawatan isolasi pasien Covid-19 hingga sembuh,” ucapnya.

BACA JUGA:   BKD Kalteng Akui Peminat CPNS 2021 Menurun

Ida menambahkan, untuk petugas yang berada di RS Darurat Covid-19 Hotel Aman ini nantinya akan ditangani oleh personel Tenaga Kesehatan (Nakes) dan Dokter dari Rumkit Bhayangkara Palangka Raya yang telah terlatih serta memiliki pengalaman dalam penanganan perawatan kesembuhan pasien Covid-19.

Dalam kesempatan itu Kepala Rumah Sakit (Karumkit) Bhayangkara Tk III Palangka Raya Kompol dr. Anton Sudarto mengatakan rencana penyewaan salah satu Hotel di Kota Palangka Raya ini.

Dijadikan RS Darurat Covid-19 tersebut sebagai antisipasi lonjakan pasien Covid-19 di Kalimantan Tengah, mengingat tren kenaikan angka kasus pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dan tempat ruang isolasi di beberapa Rumah Sakit di Kota Palangka Raya mengalami kenaikan.

BACA JUGA:   Rektor UPR jadi Pemateri di Seminar Nasional Budaya Nusantara

“Sebelumnya saya bersama Kapolda Kalteng Irjen. Pol. Dedi Prasetyo, telah melakukan penijauan di beberapa rumah sakit yang ada di Kota Palangka Raya, untuk melihat tren lonjakan pasien Covid-19 di rumah sakit tersebut dan ternyata beberapa Rumah Sakit juga mengalami kenaikan, Guna mengantisipasi hal itu kami merencanakan untuk menyewa salah satu Hotel untuk dijadikan RS Darurat dan mendirikan Tenda Darurat Covid-19 RS Bhayangkara,” jelasnya.

Anton menambahkan, Hotel yang akan disewa yaitu Hotel Aman bertempat di Jalan Gaxaly Kota Palangka Raya dan berdirinya tenda darurat selain sebagai penanganan Covid-19 sisi lainnya juga untuk sebagai pelaksanaan Gerai Vaksinasi dengan protokol kesehatan yang ketat. Diharapkan dengan beberapa kesiapan yang telah dilakukan ini, kasus Covid-19 di Kalimantan Tengah dapat mengalami penurunan.

(Hardi/Beritasampit.co.id)