Pemkab Mura Gelar Rakor Antisipasi Bencana Karhutla

IST/BERITA SAMPIT-Wakil Bupati Mura, Rejikinoor didampingi Kepala BPBD saat Rapat penanganan Karhutla

PURUK CAHU- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Murung Raya (Mura) malalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat melaksanakan rapat persiapan penanggulangan Bencana (Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang dilaksanakan di Aula BPBD, Kamis 15 Juli 2021.

Rapat tersebut dipimpin Wakil Bupati Mura, Rejikinoor didampingi Kalaksa BPBD, Kariadi, Kepala Dinas Sosial, Rusine, Waka Polres Mura, Kompol Aries Nugroho, Danramil 07/ Puruk Cahu Lettu Inf M. Saroni serta stakeholder terkait lainnya.

Dalam kesempatan itu, Rejikinoor menyampaikan berbagai langkah kesiapan Kabupaten Mura dalam menghadapi potensi bencana Karhutla. Selain itu, rapat ini juga dalam rangka memantapkan koordinasi bersama dalam mengatasi potensi Karhutla tahun 2021 ini.

“Terkait kesiapsiagaan, yang terpenting adalah menginventarisasi penanganan Karhutla baik dari sisi personel, sarana prasarana yang kita miliki dan anggaran yang mendukung,” ungkapnya.

Disampaikan Wabup, masalah Karhutla kiranya dapat diatasi dengan baik dan mampu dicegah supaya tidak terjadi kebakaran huatan dan lahan lebih besar dan mengganggu merusak lingkungan juga merusak kesehatan akibat kabut asap kebakaran hutan dan lahan.

Sementara itu, Kalaksa BPBD Mura, Kariadi menyampaikan kesiapan dan upaya untuk menyusun strategi guna mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang meluas perlu dilakukan secara maksimal, dengan memperhatikan laporan atau peringatan dari BMKG terkait potensi Karhutla itu sendiri.

(Lulus/beritasampit.co.id)