Pondok Pesantren Al Falah Banjarbaru Terbakar

Api berkobar menghanguskan beberapa gedung di Pondok Pesantren Al Falah Putera Banjarbaru.//Ist-ANTARA/Firman;

BANJARBARU – Pondok Pesantren Al Falah Putera, di Jalan Ahmad Yani Km 23, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, terbakar pada Kamis 15 Juli 2021pagi, sekitar pukul 06.00 WITA.

“Sekitar 30 menit api berkobar dan saat ini sudah pendinginan,” terang Kapolsek Banjarbaru Barat, Kompol Andri Hutagalung, saat dikonfirmasi ANTARA.

Kesigapan tim pemadam kebakaran baik dari Kota Banjarbaru maupun Kota Banjarmasin yang datang ke lokasi, membuat api dapat dipadamkan dengan cepat.

BACA JUGA:   Sejumlah Kasus Penjarahan Sawit Perkebunan di Kotim Dilaporkan ke Polisi

Meski berlangsung singkat, namun api menghanguskan beberapa gedung di ponpes yang mengkombinasikan pesantren dan metode pengajaran klasik berkurikulum seperti sekolah serta mencetak para penghafal Al-Qur’an tersebut.

Untuk mengungkap penyebab pasti kebakaran, diakui Andri masih menunggu proses pemeriksaan di lokasi bekas puing kebakaran termasuk meminta keterangan saksi.

Yang pasti, kata dia, hingga saat ini tidak ada laporan korban jiwa dari peristiwa tersebut dan semua santri serta staf pengajar dapat menyelamatkan diri keluar area bangunan ponpes saat api mulai berkobar.

BACA JUGA:   Kemacetan Sempat Mengular di Jembatan Mentaya Saat Truk Angkut Alat Berat
Kebakaran menghanguskan beberapa gedung di Pondok Pesantren Al Falah Putera Banjarbaru.//Ist-ANTARA/Firman;

Pondok pesantren Al Falah dibangun pada 9 Juni 1974 Masehi, bertepatan dengan 19 Rabiul Awal 1349 Hijriah. Pimpinan pengasuh KH Nur Syahid Ramli yang juga Ketua MUI Kota Banjarbaru masa khidmat 2020–2025.

Al Falah memiliki dua tempat pengajar dan asrama baik putra dan putri yang lokasi cukup berdekatan. Untuk putra dihuni 2.400 santri dan santri putri menampung 2.100 orang.

(Antara/BS-65/beritasampit.co.id)