Legislator Ini Minta Pemdes dan BPD Utamakan Sinergitas Dalam Membangun Desa

IST/BERITA SAMPIT - Anggota DPRD Barito Selatan, Ani Mahrita.

BUNTOK – Anggota DPRD Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Ani Mahrita menyebutkan, bahwa Pemerintah Desa (Pemdes) dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) harus mengutamakan sinergitas yang solid agar wilayah desa bisa maju dan mandiri.

“Sebab peran, tugas dan fungsi dari BPD juga sangatlah penting untuk menentukan maju dan mundurnya pembangunan di wilayah pedesaan,” ujar Anggota Komisi I ini kepada beritasampit.co.id saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat 16 Juli 2021.

Sinergitas ini juga harus diutamakan dari segi perencanaan dan pelaksanaan seluruh kegiatan desa, dan harus melibatkan berbagai komponen masyarakat yang ada di desa setempat.

BACA JUGA:   Rahmanto Dorong Pemdes di Barsel Menggali Potensi Desa

Oleh karenanya, diharapkan seluruh Kepala Desa (Kades) dan aparaturnya untuk lebih mengutamakan sinergitas yang solid dengan pihak BPD serta komponen masyarakat desa setempat.

“Sebagai percepatan pelaksanaan pembangunan dan penyaluran Dana Desa (DD) demikian juga dalam pengelolaan administrasi keuangan desa,” kata Ani Mahrita.

Menurut politisi Golkar ini, apabila pihak Pemdes atau Kades dan BPD selalu solid bersinergi maka wilayah desanya tentu akan berjalan dengan baik pula demikian juga dengan rencana program desa.

“Akan terlaksana dengan baik dan sukses sesuai dengan harapan yang tentunya akan membawa kemajuan dan kemandirian desanya,” ujarnya.

BACA JUGA:   Komisi III DPRD Barsel Imbau, PTM Harus Ketat Terapkan Prokes dan Vaksinasi Terus Digelar

Terkait posisi BPD didalam sistem Pemdes lanjutnya, sangatlah penting. Hal tersebut tertuang dalam Permendagri Nomor 110 Tahun 2016 tentang Tugas dan Fungsi BPD yang dimaksud.

Dalam Permendagri, juga menyebutkan bahwa fungsi dari BPD adalah membahas dan menyepakati berbagai rancangan akan peraturan desa. Selain itu juga menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa, terlebih untuk melakukan pengawasan atas kinerja Pemdes itu sendiri. (Ded/beritasampit.co.id).