Pasar Tani Disambut Gembira Petani Barut

PRODUK : ISK/BERITA SAMPIT- Beras Hasil Pertanian Petani di Kabupaten Barito Utara.

MUARA TEWEH – Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara rutin promosikan hasil tani lokal melalui kegiatan Pasar Tani yang di gelar di Halaman Kantor Pertanian setempat Jalan Yetro Singseng Muara Teweh.

“Pada Jumat ini kembali kami melaksanakan Pasar Tani secara rutin di Halaman Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara,” kata Kepala Dinas Pertanian Syamiludin A Surapati kepada beritasampit.co.id Jumat 16 Juli 2021.

Dijelaskannya sebagaimana sudah disampaikan pada saat pembukaan bahwa Pasar Tani ini bertujuan untuk mempromosikan hasil-hasil produk lokal Pertanian di Kabupaten Barito Utara.

“Jadi pasar tani ini sebagaimana dulu kita sampaikan pada saat pembukaan bertujuan untuk membantu mempromosikan produk dan jenis barang-barang hasil kegiatan para petani kita,” ungkap Syamiludin.

BACA JUGA:   Selama 14 Hari Satlantas Polres Barut Akan Gelar Operasi Patuh Telabang

Selain dapat membantu mempromosikan produk lokal dirinya juga memberikan pembinaan kepada petani agar panen yang dihasilkan dapat berkualitas dan bernilai higienis.

“Melalui pasar tani kami membantu mempromosikan sekaligus memberikan pembinaan kepada petani agar hasil panen yang dihasilkan dapat dilakukan pengemasan dan sortir yang baik dengan memperhatikan sisi higienis produk,” jelasnya.

Lebih lanjut para petani yang memasarkan produknya di Pasar Tani tersebut diperlakukan secara khusus. Sehingga semua produk yang dipasarkan dapat diminati para konsumen dengan baik.

Ditempat yang sama Hamsani salah satu pedagang Jeruk yang menjual hasil taninya dari Desa Sikui, Kecamatan Teweh Baru mengaku puas. Pasalnya semua dagangannya terjual laris di Pasar Tani.

BACA JUGA:   Pemkab Barito Utara Jadikan eks Bandara Beringin Jadi Tempat Isolasi Mandiri

“Dengan adanya Pasar Tani ini saya dapat menjual hasil kebun saya dari Desa Sikui, hasilnya cukup memuaskan. Saya berharap untuk selanjutnya perekonomian kita bisa berjalan dengan baik,” ucap Hamsani.

Pasar Tani yang digelar Dinas Pertanian di Bumi yang berjuluk Iya Mulik Bengkang Turan itu dibuka setiap hari Jum’at Pukul 07.30 sampai 11.00 WIB. Menyajikan berbagai jenis produk dari aneka makanan, beras, buah-buahan dan sayur-sayuran dengan harga terjangkau.

(ISK/beritasampit.co.id)