Pemkab Pulang Pisau Salurkan 16 Sapi Kurban Ke Sejumlah Masjid

Asisten I Bidang Pemerintahan Sekretariat Kabupaten Pulang Pisau M Syaripul Pasaribu menyerahkan simbolis bantuan hewan kurban dari pemerintah setempat di Pulang Pisau, Jumat 16 Juli 2021.//Ist-ANTARA/Adi Waskito;

PULANG PISAU – Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, mengalokasikan 16 ekor sapi kurban yang akan didistribusikan kepada sejumlah masjid di masing-masing kecamatan.

Bupati Pulang Pisau melalui Asisten I Bidang Pemerintahan, M Syaripul Pasaribu, dalam penyerahan hewan kurban di Masjid Agung Ar Raudah, mengingatkan kepada panitia penyembelihan hewan kurban, agar dalam  pelaksanaannya mematuhi protokol kesehatan.

“Masih dalam suasana pandemi COVID-19 ini, hewan kurban yang diserahkan bisa membantu dan mengurangi beban masyarakat ,” kata Syaripul, Jumat 16 Juli 2021.

Sesuai dengan arahan pemerintah bahwa hewan kurban dipastikan dalam keadaan sehat, pelaksanaan dilakukan di tempat terbuka dan memastikan petugas selalu menjaga kebersihan dengan mencuci tangan, menggunakan masker dan membawa peralatan masing-masing.

BACA JUGA:   Jangan Takut Divaksin, Edy Pratowo Motivasi Pelajar di Pulang Pisau

“Jumlah bantuan hewan kurban yang disalurkan tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya, dan komitmen pemerintah setempat selalu berusaha meningkatkan lebih banyak jumlah hewan kurban,” ucapnya. Dikutip dari Antara.

Syaripul juga meminta kepada panitia pelaksana kurban dalam pendistribusian daging kurban dan menghindari terjadinya kerumunan, panitia bisa langsung mendistribusikan daging kurban tersebut ke rumah masing-masing warga yang menjadi penerima.

Hal ini dilakukan untuk menekan penyebaran COVID-19 di kabupaten setempat, dan jangan sampai ada kluster baru dari kerumunan yang terjadi saat proses penyembelihan dan pendistribusian pada Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah.

BACA JUGA:   Wakil Gubernur Kalteng Dorong Pengembangan Padi Inpari Nutri Zinc

Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra), Sumadi, mengungkapkan bahwa selain 16 ekor hewan kurban yang disalurkan oleh pemerintah setempat, ada pula hewan kurban yang diterima dari pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

“Rencananya, penyerahan simbolis dilaksanakan pada hari Minggu dan diserahkan kepada sejumlah masjid yang ada di Kabupaten Pulang Pisau,” jelas dia.

Sumadi juga mengatakan jumlah bantuan hewan kurban dari pemerintah provinsi sebanyak 25 ekor. Total bantuan hewan kurban yang disalurkan bersama pemerintah kabupaten sebanyak 41 ekor.

(BS-65/beritasampit.co.id)