Kadislutkan Kalteng Kunjungi Lokasi Tambak Udang Vaname di Desa Sungai Raja

KUNJUNGAN : ENN/BERITA SAMPIT - Kadislutkan Provinsi Kalteng Darliansjah saat berkunjung ke lokasi tambak udang vaname yang didampingi oleh Bupati Sukamara Windu Subagio.

SUKAMARA – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Kadislutkan) Provinsi Kalimantan Tengah Darliansjah bersama Tim Percepatan Pembangunan Kawasan Klaster Tambak Udang Vaname Kalteng melaksanakan kunjungan teknis ke lokasi pembangunan tambak udang vaname di Desa Sei Raja, Kecamatan Jelai, Kabupaten Sukamara, Sabtu 17 Juli 2021.

Bupati Sukamara Windu Subagio beserta rombongan menyambut kedatangan Darliansjah dan melihat secara langsung lokasi pembangunan tambak udang vaname di Desa Sei Raja, Kecamatan Jelai.

Dalam kesempatan itu, Darliansjah mengungkapkan bahwa kemajuan pembangunan Kabupaten Sukamara termasuk pembangunan di sektor kelautan dan perikanan harus dilakukan dengan sangat koordinatif dan sinergis antara kabupaten, provinsi dan pusat.

BACA JUGA:   Dewan Minta BPAD Aktif Menumbuhkan Minat Baca Masyarakat

“Hal ini juga dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Sukamara dalam pembangunan tambak udang vaname di Desa Sei Raja, Kecamatan Jelai,” kata Darliansjah.

Darliansjah juga menyampaikan pesan dari Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran yang yakin dan percaya bahwa sektor kelautan dan perikanan dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah tahun ini memberikan dukungan penuh untuk pembangunan kawasan tambak udang vaname Kalteng dengan lokasi di Kabupaten Sukamara,” ucapnya.

Pembangunan kawasan tambak udang vaname Kalteng dengan lokasi di Kabupaten Sukamara atau program shrimp estate sebanyak 5 klaster di Desa Sei Raja, nantinya dilengkapi fasilitas hulu dan hilir berupa Cold Storage, Pabrik Es, dan lain-lain.

BACA JUGA:   Polda Kalteng Gelar Vaksinasi Gratis Dengan Cara Drive Thru

Untuk tahap pertama tahun 2021 berupa Detail Engineering Design (DED), master plan dan perencanaan, landclearing, steaking, pembuatan jalan masuk kawasan, pembuatan saluran, dan jaringan listrik. Tahap selanjutnya tahun 2022 dilaksanakan pembangunan tambak dan sarana prasarana, serta infrastruktur jalan.

Menutup pesan Gubernur Kalteng, Kadislutkan Provinsi Kalteng Darliansjah mengharapkan agar program shrimp estate ini dapat berjalan dengan sukses.

“Kami berharap tentunya dukungan penuh dan sinergitas Bapak Bupati Sukamara dan jajarannya, khususnya Dinas Perikanan Kabupaten Sukamara, termasuk melibatkan masyarakat Sukamara,” tukasnya. (enn/beritasampit.co.id).