Euroweek Indonesia Bahas Tentang Pertukaran Pelajar

IST/BERITA SAMPIT - Para guru dan pelajar ikuti webinar internasional

PALANGKA RAYA – Euroweek Indonesia melaksanakan webinar internasional yang bertemakan “Exchange Abroad? Go For it” bertujuan untuk mengedukasi pelajar SMA/SMK/MA yang ingin menjadi bagian dari pertukaran pelajar.

Webinar kali ini dihadiri oleh pelajar maupun guru dari berbagai kota di Indonesia terkhususnya Provinsi Kalimantan Tengah, Sabtu 17 Juli 2021 kemaren.

Kegiatan webinar ini merupakan program kolaborasi Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah, bersama Euroweek Indonesia yang menggandeng Bina Antarbudaya/American Field Service (AFS) Indonesia, Indonesia YES Alumni, dan Kalteng Cerdas.

Koordinator AFS Indonesia, Sari Tjakrawiralaksana menyebutkan Misi Bina Antarbudaya adalah, menciptakan pemimpin masa depan yang memiliki pribadi berkualitas, berprestasi, memiliki visi, empati sosial dan nasionalisme serta berwawasan Internasional.

BACA JUGA:   Berdayakan Masyarakat, Pemkot Gelar Pelatihan Proses Produksi Berbahan Dasar Logam

“Saya mengajak adik-adik SMA/SMK/MA maupun pesantren untuk mendaftar program AFS Indonesia atau Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study (KL-YES), kami juga membuka lebar, bagi yang ingin aktif dalam kegiatan volunteering Bina Antarbudaya,” ucapnya.

Sari menjelaskan untuk mengetahui tentang program pertukaran pelajar bisa mengakses website bina-antarbudaya.org atau https://afsindonesia.org.

Selanjutnya Viona Sianturi, yang merupakan Alumni KL-YES tahun 2018-2019, mengaku bahwa ilmu atau kebiasaan baik yang dia pelajari di Cary, membawa pengaruh positif hingga dirinya kembali ke tanah air.

BACA JUGA:   Dua Rumah Sakit di Kalteng Segera Dilengkapi Generator Oksigen

Tergabung dari kerelawanan yang bernama “Coklat” adalah, salah satu wujud dampak positif yang ia terapkan juga di Indonesia.

Plt Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusip) Kalteng Luqman Alhakim mengatakan webinar ini merupakan kesempatan untuk mendapatkan informasi beasiswa, dan pertukaran pelajar.

“Diharapkan dengan adanya webinar ini dapat memacu motivasi pelajar Indonesia untuk mengikuti program beasiswa atau pertukaran pelajar ke luar negeri,” harapnya.

(Hardi/Beritasampit.co.id)