PMI Kalteng Serahkan Bantuan Ventilator untuk Rumah Sakit Kota Palangka Raya

Ketua PMI Provinsi Kalteng Suhaemi (keempat kanan) didampingi Sekretarisnya Siti Nafsiah (kedua kanan) menyerahkan satu unit ventilator untuk RS Kota Palangka Raya yang diterima oleh Sekda Kota Hera Nugrahayu.//Ist-ANTARA/Dokumentasi Pribadi;

PALANGKA RAYA – Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), menyerahkan bantuan satu unit ventilator untuk Rumah Sakit Kota Palangka Raya, khususnya untuk penanganan pasien COVID-19.

Sekretaris PMI Kalteng, Siti Nafsiah, mengatakan bantuan ventilator tersebut sebenarnya dari Perdana Menteri Singapura yang diberikan ke PMI Pusat yang kemudian disalurkan ke rumah sakit di daerah-daerah yang membutuhkan.

Dia menuturkan, melihat kondisi daerah-daerah di Kalteng di tengah pandemi juga sangat memerlukan alat tersebut, pihaknya akan kembali mengusulkan agar bisa diberikan alat tersebut lebih banyak lagi.

“Memang beberapa waktu lalu PMI Kalteng ada mengusulkan bantuan tiga unit ventilator kepada PMI Pusat, hanya saja banyak yang juga mengusulkan hal serupa dan kita hanya dijatah satu unit saja,” kata Nafsiah.

BACA JUGA:   Begini Strategi Penanganan Covid-19 di Kalteng

Alat tersebut tentunya juga sangat berguna bagi para pasien COVID-19 yang menjalani perawatan intensif di rumah sakit yang ada di Kota Palangka Raya.

“Harga satu unit ventilator ini adalah 26.000 dolar Singapura. Kalau di jumlahkan ke rupiah sekitar Rp280 juta. Alat yang diberikan tersebut bertujuan untuk membantu pelayanan masyarakat yang di RS Kota Palangka Raya,” ungkapnya. Dikutip dari Antara.

Ditambahkan Nafsiah yang juga menjabat anggota DPRD Provinsi Kalteng, pihaknya sangat bersyukur bisa mendapatkan bantuan dari PMI Pusat. Alat tersebut saat ini sangat sulit didapatkan, kendati ada pun harganya sangat mahal.

BACA JUGA:   Mensos Memastikan Ketersediaan Stok Bahan Pangan Korban Banjir Kota Palangka Raya

“Kami berharap usulan kedua nantinya dapat dikabulkan PMI Pusat dan jumlahnya lebih banyak lagi,” ungkapnya.

Nafsiah berharap adanya bantuan alat tersebut terkhusus untuk RS Kota Palangka Raya bisa bekerja lebih optimal lagi dalam memberikan layanan kepada masyarakat di tengah situasi pandemi COVID-19 seperti sekarang ini.

“Semoga alat tersebut bermanfaat untuk pelayanan dan membantu petugas medis dalam menjalankan tugasnya di RS setempat,” kata¬†Nafsiah.

(BS-65/beritasampit.co.id)