Mesjid Al Jihad Banjarmasin Sembelih 80 Ekor Hewan Kurban

Peralatan untuk penyembelihan hewan kurban di Mesjid Al-Jihad Banjarmasin untuk 80 ekor sapi kurban.//Ist-Antaranews Kalsel/Sukarli;

BANJARMASIN – Mesjid Al-Jihad Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) menyembelih sebanyak 80 ekor sapi kurban pada Hari Raya Idul Adha 1442 hijrah ini.

Penyembelihan sapi kurban di mesjid yang beralamat di Jalan Cempaka Besar, Kertak Baru Ulu di Banjarmasin Tengah tersebut dimulai setelah shalat Idul Adha, Selasa 20 Juli 2021.

“Dihabiskan hari ini juga disembelih sebanyak 80 ekor sapi kurban tersebut,” ujar sekretaris panitia pelaksana kurban Idul Adha 1442 Hijrah Mesjid Al-Jihad Banjarmasin, Khairil saat ditemui di mesjid tersebut.

Menurut dia, sebelum salat ashar semua kegiatan pelaksanaan kurban sudah selesai baik penyembelihan hewan kurban maupun membungkus dagingnya untuk didistribusikan ke masyarakat.

Diungkapkan, sebanyak 400 orang petugas membantu pelaksanaan kegiatan tersebut yang sebagian besar merupakan jamaah mesjid.

Penyembelihan hewan kurban dilakukan dengan menggunakan peralatan cukup moderen, khususnya alat untuk menyekap hewan kurban tanpa diikat dan dirobohkan beramai-ramai.

BACA JUGA:   Dinas Perdagangan HST Lakukan Langkah Konkret Untuk Antisipasi Pungutan Liar di Pasar Keramat

Ada dua unit perlatan itu yang dibuat secara kreatif oleh jamaah mesjid tersebut. Sapi kurban hanya dimasukkan ke dalam alat berbentuk kandang besi, kemudian peralatan itu menjepitkan hingga hewan kurban tidak berdaya lagi untuk meronta, lalu peralatan itu akan memposisikan hewan kurban untuk mudah disembelih.

“Dengan peralatan ini bisa cepat kita melaksanakan penyembelihan hewan kurban, lebih aman,” tutur Khairil, dikutip dari Antara.

Setelah disembelih, para petugas masing-masing yang sudah terkoordinir kelompoknya akan mengerjakan sapi-sapi itu hingga bersih sudah siap dibagikan ke masyarakat.

“Jumlah daging yang kurban yang dibagikan sebanyak 8 ribu bungkus,” tuturnya.

Distribusi daging kurban, ungkap Khairil, sebanyak 5.600 bungkung akan diberikan kepada pihak yang melaksanakan berkurban, yakni, dibagikan ke masing-masing orang di lingkungannya.

BACA JUGA:   DAS Hulu Sungai Tengah Prioritas Untuk Dipulihkan

“Sebagiannya disebar ke masyarakat wilayah mesjid dan kemudian lembaga-lembaga layak untuk mendapatkan daging kurban tersebut,” tuturnya.

Khairil menyampaikan, jumlah hewan kurban tahun ini di mesjid Al-Jihad Banjarmasin dua kali lipat dari tahun lalu.

“Kalau tahun lalu 40 ekor sapi kurban, karena saat itu pas lagi genting-gentingnya pandemi COVID-19, tahun ini sebenarnya lebih dari 80 ekor yang menyerahkan hewan kurban ke mesjid Al-Jihad, namun sebagian di diarahkan ke mesjid lain untuk bisa berbagi,” ujarnya.

Karena saat ini masih pandemi COVID-19, ujar Khairil, maka pelaksanaan menerapkan protokol kesehatan ketat.

“Kita terus ingatkan para petugas untuk jangan lepas masker, jaga jarak agar tidak berkerumun,” ungkapnya.

(BS-65/beritasampit.co.id)