Wakil Ketua DPRD Katingan Ingatkan Bahaya Karhutla

IST/BERITA SAMPIT - Wakil Ketua I DPRD Katingan, Nanang Suriansyah

KASONGAN – Wakil ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, Nanang Suriansyah, mengimbau ke masyarakat dan pemerintah daerah agar selalu waspada terhadap musibah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Pasalnya, mulai akhir Juli 2021 ini sudah memasuki musim kemarau di Kalimantan Tengah khusus Kabupaten Katingan.

Menurutnya, Berladang bagi masyarakat Dayak adalah praktik bercocok tanam dengan kearifan lokal, berdasarkan adat istiadat dan hukumnya dengan aneka benih lokal. Kendati begitu, bagi masyarakat yang mengolah pertaniannya dengan cara berladang (peladang berpindah-pindah) tentunya harus mentaati semua aturan yang ada atau mengacu pada Peraturan Gubernur Kalimantan Tengah.

BACA JUGA:   Warga Hampalit Digegerkan Penemuan Mayat Perempuan di Gang Telkom

“Salah satunya harus seizin ketua RT dan kepala desa atau kelurahan, membuat skat bakar dan harus dijaga ketat oleh pemilik lahan, serta persyaratan lainnya,” jelas Nanang Suriansyah, Selasa 20 Juli 2021 kemaren.

Dalam hal ini juga, dirinya memberikan saran kepada pemerintah daerah, baik Satuan Tugas (Satgas) penanganan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) maupun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) agar mempersiapkan sarana dan prasarana untuk penanganan dan penanggulangan tersebut.

BACA JUGA:   DPRD Katingan Deadline PLN Juli Listrik Menyala

“Meskipun sarpras terbilang siap, namun harus dilakukan pengecekan setiap saat. Karena nantinya pasti kita akan menggunakannya sewaktu-waktu terjadi Karhutla mendadak, bisa langsung ditanggulangi dengan cepat. Oleh karena itu, mari kita semua untuk waspada di musim kemarau ini,” pungkasnya.

(Annas/beritasampit.co.id)