Kementerian LHK Canangkan 3 Desa di Kotim Bakal Jadi Wisata Desa

SURVEI LAHAN : ARIFIN/BERITA SAMPIT - Perwakilan DLH Kotim bersama Camat Pulau Hanaut, Kades Rawa Sari, Ketua dan anggota KTH Sidodadi saat survei lahan yang akan dijadikan wisata desa sengon.

SAMPIT – Suatu kebanggaan bagi Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). Pasalnya, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) telah mencanangkan 3 desa kedepannya bakal menjadi wisata desa.

“Ada tiga desa di Kotim yang dicanangkan bakal jadi wisata desa di bawah binaan langsung Kementerian LHK. Bahkan lokasinya sudah disurvei langsung dari kementerian,” ucap Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kotim Susiawati pada saat sosialisasi pemanfaatan hutan di Balai Desa Rawa Sari, Kecamatan Pulau Hanaut, belum lama tadi.

BACA JUGA:   Pemuda Karang Taruna Bersihkan Tumpukan Sampah di Kawasan Pendidikan

Susi menyebutkan bahwa 3 desa itu meliputi, wisata desa bambu di Desa Sungai Paring Kecamatan Cempaga, wisata desa mangrove di Desa Ujung Pandaran Kecamatan Teluk Sampit dan wisata desa sengon di Desa Rawa Sari Kecamatan Pulau Hanaut.

“Progresnya selama 3 tahun, semoga kelompok tani hutan yang diberikan amanah benar-benar menjaga danĀ  merawat bibit pohon yang diberikan,” saran mantan Camat MB Ketapang ini.

BACA JUGA:   DAD Kotim Sosialisasikan Perda Kalteng Kelembagaan Adat Dayak di Pulau Hanaut

Sementara itu, Kasubbag Perencanaan DLH Kotim Tutin Vanesa menjelaskan, tidak menutup kemungkinan akan selalu memantau melalui satelit mengingat program tersebut langsung dari kementerian LHK.

“Zaman digitalisasi saat ini, pemantauan tidak harus turun lapangan bisa saja menggunakan peralatan canggih melalui satelit,” ujarnya. (ifin/beritasampit.co.id).