Nuryakin Resmi Jabat Pj Sekda Kalteng, Begini Pesan Sugianto

PELANTIKAN : IST/BERITA SAMPIT - Gubernur Kalteng Sugianto Sabran saat melantik Penjabat Sekda Kalteng Nuryakin di Aula Jayang Tingang, Kamis 22 Juli 2021.

PALANGKA RAYA – Nuryakin resmi dilantik sebagai Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Kamis 22 Juli 2021. Pelantikan langsung dilakukan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran di Aula Jayang Tingang.

“Saya ingin mengucapkan selamat bertugas kepada Saudara Nuryakin, yang tadi telah saya lantik sebagai Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah. Saya harap saudara, dapat mengemban amanah ini dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab,” kata Sugianto Sabran.

Pelantikan pada Pj Sekda Kalteng ini merupakan tindak lanjut dari Surat Persetujuan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor: 123/3894/SJ tanggal 16 Juli 2021 perihal Persetujuan Pengangkatan dan Pelantikan Pj Sekda Kalteng.

Hal tersebut telah tertuang dalam Pasal 5 Ayat (1) Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 3 Tahun 2018 tentang Penjabat Sekretaris Daerah, yang menyebutkan bahwa, Gubernur sebagai wakil Pemerintah Pusat mengangkat Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi untuk melaksanakan tugas Sekretaris Daerah Provinsi setelah mendapat persetujuan Menteri yang menyelenggarakan urusan Pemerintahan dalam negeri.

BACA JUGA:   Dinas PUPR Kalteng Bangun Posko dan Kerahkan Personel di Daerah Terendam Banjir

Dilantiknya Pj Sekda Kalteng untuk mengisi kekosongan jabatan definitif. Hal ini penting karena Pj Sekda memiliki tugas strategis, yaitu membantu Kepala Daerah dalam menyusun kebijakan dan pengoordinasian administratif pelaksanaan tugas Perangkat Daerah serta pelayanan administratif, sampai dengan adanya pengangkatan Sekretaris Daerah definitif.

“Saya berharap Saudara Nuryakin dapat melaksanakan tugas tersebut dengan baik, dan memastikan program-program prioritas Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dapat terlaksana sesuai dengan perencanaan,” pungkasnya.

Secara khusus, Sugianto Sabran minta agar penanganan pandemi Covid-19 harus menjadi fokus utama. Lakukan terobosan-terobosan dan perkuat sinergi dengan seluruh stakeholder, sehingga upaya-upaya penanganan pandemi dapat berjalan lebih optimal dan efektif.

BACA JUGA:   UMKM Kalteng Kini Punya Sarana Tepat Menembus Pasar Global

“Tugas ini tentu tidak mudah dan tidak bisa dilakukan sendiri. Untuk itu, saya minta para Kepala Perangkat Daerah dan segenap jajaran Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah untuk memberikan dukungan dan kerja sama yang baik kepada Penjabat Sekretaris Daerah, Saudara Nuryakin,” jelasnya.

Bahkan, Sugianto berpesan kepada Pj Sekda baru, Nuryakin melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya, serta terus meningkatkan kinerja dan pembinaan seluruh ASN. Bekerja dengan tulus dan ikhlas untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan juga memajukan Kalteng. (Hardi/beritasampit.co.id).