Pelatihan Berbasis Kompetensi Guna Menyiapkan Tenaga Kerja Yang Kompeten

IST/BERITA SAMPIT - Asisten I Bidang Pemerintah dan Kesejahteraan Sosial Setda Mura, Serampang saat menyerahkan secara simbolis sertifikat kelulusan peserta pelatihan.

PURUK CAHU – Asisten I Bidang Pemerintah dan Kesejahteraan Sosial Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Murung Raya (Mura), Serampang menutup secara resmi kegiatan Pelatihan Berbasis Kompetensi yang digelar UPTD Balai Latihan Kerja Tukoi Lau Desa Konut, Kecamatan Tanah Siang, Kamis 22 Juli 2021.

Serampang mengatakan, bahwa pada Tahun 2021 UPTD Balai Latihan Kerja Tukoi Lau melalui Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Mura mendapatkan 3 paket Kegiatan Pelatihan Berbasis Kompetensi yang semua anggarannya bersumber dari DIPA Balai Latihan Kerja Samarinda.

“Pelatihan berbasis kompetensi ini, saya nilai sangat mulia guna menyiapkan tenaga kerja  yang kompeten, Produktif, dan berdaya saing dalam rangka memberi kontribusi lebih besar pada pengembangan ekonomi yang berkebutuhan pasar kerja yang makin dinamis dan berkembang serta sesuai dengan potensi unggulan Daerah pada pengembangan sektor prioritas khususnya di Kabupaten Mura,” ungkap Serampang.

Selain itu, pengembangan UPTD BLK Tukoi Lau Distransnaker Kabupaten Mura ke depan, diharapkan menjadi pusat pelatihan keterampilan dan pengembangan wirausaha yang mana perlu terus dilakukan revitalisasi BLK dan melanjutkan upaya untuk mewujudkan BLK transformatif.

BACA JUGA:   Pemkab Mura Kerjasama Dengan PT. IMK Tingkatkan Kapasitas Perangkat Desa

Tidak hanya itu, BLK Tukoi Lau ini diharapkan mampu melakukan penyesuaian diri secara cepat terhadap kebutuhan pasar tenaga kerja yang dinamis, yang mana mampu terus mengembangkan diri sehingga menjadi BLK yang unggul, dan juga telah mempersiapkan serangkaian program-program pengembangan sumber daya manusia.

“UPTD BLK Tukoi Lau Distransnaker Kabupaten Mura sebagai Kawah Candradimuka lahirnya star up baru di Kabupaten Mura, sesuai dengan potensi lokal kita di bidang pertanian, perkebunan, pertambangan, pariwisata, dan industri kreatif yang harus ditopang oleh kemampuan dan penguasaan di bidang Informasi dan Teknologi (IT),” tuturnya lagi.

Serampang juga menyampaikan apresiasi yang setinggi- tingginya kepada UPTD BLK Tukoi Lau Distransnaker Kabupaten Mura. yang telah berhasil mencetak sumberdaya manusia yang unggul, berdaya saing, mandiri dan kreatif melalui pelatihan ini.

BACA JUGA:   Rindu Sekolah Tatap Muka, Gubernur Kalteng Pastikan Percepatan Vaksinasi Pelajar

“Kepada saudara – saudara peserta Pelatihan Berbasis Kompetensi, saya berpesan dan berharap kiranya saudara- saudara yang sudah selesai mengikuti pelatihan berbasis kompetensi ini, diharapkan akan mampu dan bisa nantinya untuk dapat  mengembangkan  apa  yang sudah didapat dan dipelajari dari UPTD BLK Tukoi Lau ini,” ujarnya.

Selanjutnya, Serampang menghimbau dan meminta kepada semua peserta Pelatihan Berbasis Kompetensi ini, agar hendaknya ilmu dan pengalaman yang diperoleh dapat diaplikasikan sehingga menjadi lebih bermanfaat, berdaya guna.

“Saya berharap nantinya saudara-saudara semua dapat memiliki kualitas, keahlian, dan produktivitas yang diperlukan untuk dapat bersaing dalam dunia kerja dan dapat berkompeten dalam ketenagakerjaan terutama dalam berkontribusi untuk kemajuan bagi Kabupaten Mura,” tandasnya. (Lulus/beritasampit.co.id).