Kadiskes Barsel Ajak Semua Pihak Cegah Stunting

IST/BERITA SAMPIT - Kadinkes Barsel drg Daryomo Sukiastono.

BUNTOK – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Barsel drg Daryomo Sukiastono mengatakan dengan kerjasama yang baik dapat mempercepat penurunan angka stunting. Menurutnya, sinergitas serta kerjasama yang baik lintas sektor perlu dilakukan dalam rangka mempercepat penurunan angka stunting di Kabupaten Barito Selatan (Barsel).

Dikatakannya, sinergitas tersebut adalah dengan melaksanakan sejumlah kegiatan dalam upaya percepatan penurunan angka stunting oleh instansi terkait, sebab selama ini dalam rembuk stunting.

Yang telah dilaksanakan, merupakan aksi ketiga dari delapan aksi percepatan dalam rangka menurunkan angka stunting di Kabupaten Barsel dan rembuk stunting ini juga.

BACA JUGA:   Tokoh Pemuda Desa Baru Gelar Lomba Pawai Tanglong dan Bagarakan Sahur

“Merupakan, salah satu dari delapan aksi konvergensi penurunan stunting terintegrasi,” kata Daryomo Sukiastono kepada beritasampit.co.id saat ditemui di ruang kerjanya Jumat 23 Juli 2021

Menurutnya, untuk prevalensi stunting di Kabupaten Barsel sekitar 17 persen yang diharapkan hingga tahun 2024 mendatang angkanya bisa terus turun lebih dari 10 persen.

“Semoga saja, dengan terciptanya sinergi yang baik antar lintas sektor dapat bersama-sama menangani serta melakukan sejumlah kegiatan dalam upaya percepatan penurunan stunting,” imbuhnya.

BACA JUGA:   Tim Eddy Raya Serahkan Berkas Pendaftaran Bacalon Bupati Barsel ke Partai Demokrat dan Perindo

Untuk memastikan konvergensi intervensi tersebut lanjutnya, juga diperlukan komitmen bersama dalam melakukan rencana aksi sehingga dengan demikian target indikator pembangunan di bidang kesehatan.

Khususnya percepatan, penurunan prevalensi angka stunting pada anak di bawah usia 2 tahun dapat tercapai dengan baik sehingga derajat kesehatan akan meningkat dan generasi penerus memiliki kemampuan emosional serta fisik.

“Yang siap, untuk belajar dan berkompetisi sebagai modal dasar dalam pembangunan,”pungkasnya.

(Ded/beritasampit.co.id)