Kepala Daerah dan ASN Dilarang Bepergian ke Luar Daerah, Begini Respon Legislator Kalteng

PALANGKA RAYA – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran baru-baru ini memberikan imbauan agar para Kepala Daerah dan ASN di Kalteng khususnya, untuk tidak bepergian ke luar daerah. Hal tersebut disambut baik oleh legislator DPRD Provinsi Kalteng, H. Jubair Arifin.

Legislator dari fraksi PDI Perjuangan tersebut mendukung imbauan yang disampaikan oleh Gubernur tersebut karena, dia menilai bahwa tujuannya agar angka penyebaran atau penularan Covid-19 dapat ditekan.

“Harapannya imbauan ini dapat diikuti dan dijalani, karena tujuannya juga baik. Selain itu imbauan ini juga bersifat sementara saja, setidaknya sampai pelaksanaan PPKM berakhir,” ucap legislator dari Daerah Pemilihan III Kalteng (Kotawaringin Barat, Lamandau, Sukamara) tersebut pada Jumat, 23 Juli 2021.

BACA JUGA:   Komisi I DPRD Kalteng Ingatkan Perusahaan Serap Tenaga Kerja Lokal

Menurut Dia bahwa, Gubernur Kalteng tentunya juga sangat memperhatikan masyarakat agar jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, mengingat virus ini sangat berbahaya dan bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal status sosial maupun jabatan.

Sementara itu, terkait larangan bepergian ke luar daerah dia menilai hal tersebut merupakan bagian dari mengurangi mobilitas, karena tak dapat dipungkiri sejumlah wilayah di pulau Jawa misalnya saat ini angka penularan Covid-19 masih mengkhawatirkan.

BACA JUGA:   Anggota DPRD Kalteng Minta Perketat Prokes di Area Pasar

Belum lagi dengan munculnya sejumlah varian baru virus tersebut, sehingga perlu adanya langkah antisipasi yang diambil sedini mungkin. Karena yang dikhawatirkan ketika dalam lingkup wilayah Kalteng dilaksanakan melakukan upaya untuk menekan penyebaran Covid-19 seperti dengan melaksanakan PPKM, justru ada potensi terjadinya penularan yang berasal dari luar daerah.

“Ketika imbauan ini ditaati baik oleh Kepala Daerah se-Kalteng hingga ASN, harapannya ini menjadi contoh yang baik untuk ditiru oleh masyarakat agar semua pihak dapat berpartisipasi untuk memutus mata rantai penyebaran pandemi Covid-19,” tutup Jubair. (Apr/beritasampit.co.id).