Razia Prokes di Perbatasan, Dua Warga Dinyatakan Positif Covid-19

Satgas COVID-19 Batang Lupar sedang melaksanakan penegakan disiplin protokol kesehatan dan melakukan swab di tempat untuk pengunjung warung kopi, di Kecamatan Batang Lupar perbatasan Indonesia-Malaysia wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat. ANTARA/HO-Koramil Batang Lupar

KAPUAS HULU – Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Kecamatan Batang Lupar daerah perbatasan Indonesia-Malaysia wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat menggelar razia penegakan protokol kesehatan, dalam kegiatan tersebut dua warga dinyatakan positif COVID-19 berdasarkan hasil swab antigen.

“Ada 21 warga terjaring dalam razia gabungan Satgas COVID-19 dan dua orang diantaranya dinyatakan positif COVID-19 usai dilakukan swab antigen di tempat yang dilaksanakan oleh petugas kesehatan Puskesmas Batang Lupar,” kata Dandim 1206 Putussibau melalui Danramil 1206-03/Batang Lupar Peltu Timur Edy, kepada ANTARA, di Putussibau ibu kota Kabupaten Kapuas Hulu, Jumat.

Menurut Timur Edy, razia penegakan disiplin protokol kesehatan (Prokes) di tengah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) rutin dilaksanakan dengan tujuan mempercepat pemutusan mata rantai sebaran COVID-19 khususnya di wilayah Koramil Batang Lupar.

BACA JUGA:   Tingkatkan Imun Tubuh, Masyarakat Kalsel Pilih Tanaman Herbal Sebagai Alternatif

Ia menjelaskan, kegiatan yang dilaksanakan pada Kamis malam (21/7/2021) tersebut melibatkan tim gabungan baik dari Polsek Batang Lupar, petugas kesehatan Puskesmas Batang Lupar, Satpol PP dan aparatur desa setempat.

Timur menyebutkan sejak Januar ihingga Juli 2021 terdapat 20 kasus COVID-19 di wilayah Batang Lupar, 10 orang diantaranya sembuh, satu orang meninggal dan sembilan orang sedang menjalani isolasi mandiri.

BACA JUGA:   Tujuh Warga Tapin Langgar Prokes Dapat Sanksi Teguran

“Kesadaran masyarakat cukup baik, meski pun masih ada yang tidak mematuhi protokol kesehatan terutama selama PPKM, namun kami terus memberikan pemahaman dan melakukan sosialisasi dengan pola-pola pendekatan kepada masyarakat,” jelas Timur.

Ia berharap masyarakat di wilayah Koramil Batang Lupar semakin meningkatkan disiplin prokes dan mematuhi PPKM agar terhindar dari sebaran COVID-19.

“Kita semua menginginkan pandemi COVID-19 cepat berlalu, oleh karena itu kita harus sama-sama berupaya melawan dan memutus mata rantai sebaran COVID-19 dengan disiplin prokes dan mematuhi PPKM serta mengikuti program vaksinasi,” kata Timur.

(BS/93/beritasampit.co.id)