Stunting dan Kesehatan Ibu Hamil di Palangka Raya Menjadi Perhatian Khusus

IST/BERITA SAMPIT - Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcabrem 102 PD XII/Tpr Nancy Purwo Sudaryanto saat menyerahkan secara simbolis bantuan untuk ibu hamil.

PALANGKA RAYA – Sebagai bentuk kepedulian terhadap stunting dan ibu hamil, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcabrem 102 PD XII/Tpr Nancy Purwo Sudaryanto, memberikan perhatian khusus terhadap keluarga stunting dan ibu hamil, yang berada di wilayah Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Perhatian khusus tersebut dalam bentuk pemberian bantuan sembako, dan supplement atau vitamin kepada ibu hamil.

Nancy Purwo Sudaryanto menyampaikan, bahwa angka stunting di wilayah Palangka Raya masih di atas angka rata-rata nasional yakni 29,6 persen lebih. Hal itu menurut Nancy, menjadi perhatian semua pihak tidak terkecuali Persit KCK Koorcabrem 102 PD XII/Tpr.

BACA JUGA:   Murid Belajar Dari Rumah Selama PTM, Tak Boleh Ada Diskriminasi

“Jadi kegiatan bhakti sosial seperti ini dilakukan ibu-ibu Persit di seluruh jajaran Korem 102/Pjg, dalam rangka edukasi dan penguatan gizi khususnya kepada ibu hamil,” ucapnya, Senin 26 Juli 2021.

Nancy menegaskan, ibu hamil juga harus memperhatikan asupan gizi selama kehamilan, sehingga kesehatan ibu dan cabang bayi dalam kandungan juga terjamin nutrisinya, bayi akan tumbuh normal seperti anak pada umumnya.

BACA JUGA:   Palangka Raya Terapkan PPKM Level 2 Selama 21 hari, Mulai 19 Oktober

Menurutnya, salah satu penyebab stunting adalah anemia saat masa kehamilan, untuk mengatasi hal tersebut dibutuhkan makanan yang mengandung zat besi yang bisa diperoleh dari makanan seperti ikan lele dan daging.

“Mari kita stop stunting dengan memperhatikan asupan makanan dan gizi pada saat hamil, segera konsultasi atau konseling ke Posyandu atau Puskesmas terdekat untuk memastikan kondisi kehamilan dan balitanya agar tetap tumbuh sehat dan normal,” pungkasnya. (Hardi/beritasampit.co.id).