Sugianto Ingatkan Semua Kepala Daerah Ancaman Karhutla

IST/BERITA SAMPIT - Gubernur Kalteng Sugianto Sabran

PALANGKA RAYA – Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran mengimbau, kepada seluruh pemerintah daerah Kabupaten dan Kota untuk mewaspadai munculnya titik-titik api pada daerah rawan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

“Dalam beberapa hari terakhir ini, kebakaran lahan sudah mulai terjadi. Saya minta agar tiap-tiap bupati dan wali kota untuk dapat melakukan pemantauan di sejumlah wilayah rawan karhutla. Tingkatkan edukasi sosialisasi kepada masyarakat, himbauan dan lainya bersama aparat TNI/Polri, BPBD hingga instansi terkait,” kata Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, dalam rilis yang diterima Rabu 28 Juli 2021.

BACA JUGA:   Polwan Bagikan Sembako ke warga Flamboyan Bawah

Sugianto Sabran meminta, kepada seluruh kepala daerah beserta jajarannya untuk dapat mempersiapkan sarana, dan prasarana dalam mengantisipasi munculnya titik api dan terjadinya kebakaran lahan, serta menjalin sinergritas yang baik dalam melaksanakan kegiatan mitigasi dan antisipasi dini terhadap wilayah-wilayah yang rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan dalam upaya pencegahan dan penanganan nantinya.

BACA JUGA:   Rektor UPR jadi Pemateri di Seminar Nasional Budaya Nusantara

“Situasi saat ini merupakan ujian bagi kita semua, selain menghadapi pandemi Covid-19 yang saat ini masih melanda, juga kerawanan karhutla mengancam berbagai daerah. Hal itu menjadi perhatian ekstra bagi seluruh daerah, instansi hingga masyarakat,” lugasnya.

Sugianto Sabran minta lakukan edukasi kepada masyarakat secara persuasif, dan terukur. Mulailah dari ruang lingkup keluarga, agar informasi, dan sosialisasi tentang kebencanaan dapat diterima dengan baik oleh seluruh elemen masyarakat.

(Hardi/Beritasampit.co.id)