Disbudpar Kotim Dorong Pemdes Konsisten Kembangkan Potensi Desa Wisata

WISATA RELIGI : ARIFIN/BERITA SAMPIT - Desa Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit, Kotim, Kalteng, salah satu desa yang memiliki wisata religi.

SAMPIT – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), mendorong pemerintah desa (Pemdes) tetap konsisten mengembangkan berbagai potensi untuk menuju desa wisata.

“Jangan putus asa, tetap konsisten mengembangkan apa saja potensi di desa untuk dijadikan wisata,” ucap Kepala Disbudpar Kotim melalui Sekretaris Alfisah, Kamis 29 Juli 2021.

Menurutnya, banyak cara untuk menjadikan desa sebagai daya pikat bagi masyarakat lokal maupun di luar wilayah desa untuk berkunjung ke desa.

BACA JUGA:   Wakil Ketua DPRD Dapati Limbah CPO di Sungai Mentaya

Misalnya, membuat wisata buah-buahan yang memang sesuai dengan kondisi alam dan unsur hara tanah yang ada di desa.

“Untuk menjadikan desa wisata ada dua cara yakni, memanfaatkan potensi alami yang sudah tersedia dan wisata buatan, misalnya kebun buah-buahan,” ujar mantan Sekretaria Dinas Perikanan Kotim ini.

Untuk memperkenalkan potensi yang akan dijadikan tempat wisata, tambah Alfisah, setidaknya pemerintah desa memiliki website tersendiri.

BACA JUGA:   Modus Jadi Pengamen, Ternyata Dua Pemuda Ini Pencuri Spesialis Rumah Kosong di Sampit

“Kami sarankan bikin website desa sesuaikan dengan ketersediaan jaringan internet. Melalui website, desa tidak hanya bisa memperkenalkan potensi desa wisata bahkan berbagai produk unggulan yang ada di desa,” tandasnya.

(ifin/beritasampit.co.id)