Pemprov Kalteng Apresiasi Pasis Sesko TNI dan Peserta KKDN

IST/BERITA SAMPIT - Staf Ahli Gubernur (SAG) Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Herson B. Aden, saat menghadiri kegiatan KKDN Pasis Sesko TNI secara virtual di Aula Eka Hapakat, Kantor Gubernur.

PALANGKA RAYA – Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran diwakili oleh Staf Ahli Gubernur (SAG) Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Herson B. Aden, menyimak pemaparan executive summary dari kegiatan Kuliah Kerja Dalam Negeri Perwira Siswa Sekolah dan Staf Komando TNI (KKDN Pasis Sesko TNI) yang diikuti secara virtual di Aula Eka Hapakat, Kantor Gubernur, Kamis 29 Juli 2021.

KKDN Sesko TNI merupakan kegiatan regular Dikreg Sesko TNI yang bertujuan memberikan pembekalan pengetahuan kepada perwira siswa (Pasis) tentang potensi Sumber Daya Nasional dengan segala karakteristik geografisnya di daerah untuk dijadikan ruang dan alat pertahanan Negara yang tangguh dan handal guna mengantisipasi dan menghadapi dinamika ancaman dan pertahanan di masa depan.

Pada kesempatan tersebut, Pasis KKDN Sesko diwakili oleh Kol Arh Rachmady/019 menekankan perlunya diperhatikan prinsip penataan, dan pemberdayaan sumber daya nasional melalui pemetaan kondisi sumber daya manusia, sumber daya alam, sumber daya buatan, sarana dan prasarana di wilayah Kalteng untuk kemudian dilakukan prioritas pengembangan dan pembangunan peningatkan kearifan lokal.

BACA JUGA:   Polresta Palangka Raya Berhasil Amankan 23 Barang Bukti dari Delapan Tersangka Curanmor

Selain itu juga disampaikan terkait analisis SWOT bidang pertahanan yakni pengunaan seluruh kekuatan yang ada, dengan memanfaatkan seluruh peluang yang ada berupa penyiapan medan pertahanan.

“Menyiapkan kekuatan dan dukungan logistik yang bertumpu pada pertahanan yang mendalam untuk menghadapi potensi ancaman baik ancaman militer maupun non-militer khususnya di Kalteng di antaranya adalah pandemi COVID-19, ancaman Narkoba, kebakaran hutan dan lahan, konflik sosial dan ancaman radikalisme atau terorisme dimana ancaman tersebut masih relevan saat ini dan di masa mendatang,” ucapnya.

Sementara itu, SAG Herson B. Aden saat membacakan sambutan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran menyampaikan apresiasi kepada jajaran Pasis Sesko TNI dan peserta KKDN TNI angkatan ke-48 tahun 2021 yang telah menyampaikan executive summary tersebut.

BACA JUGA:   Personel Itwasda Polda Kalteng Berbagi Takjil kepada Pengendara

“Tentu akan sangat bermanfaat bagi Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, khususnya dalam menentukan kebijakan pengembangan potensi Sumber Daya Nasional untuk pertahanan Negara,” ungkapnya.

Lebih lanjut SAG Herson B. Aden mengatakan bahwa hasil kajian strategis dalam Executive Summary akan menjadi bahan masukan penting untuk lebih mendorong percepatan program-program pembangunan di Kalimantan Tengah, dalam ranga mewujudkan kemajuan daerah dan masyarakat Kalteng yang semakin BERKAH.

“Menjadi harapan kita bersama, kegiatan KKDN ini dapat memperkaya wawasan, khususnya bagi para perwira siswa, dalam mengembangkan lingkungan straregi andal, untuk mengatasi segala ancaman yang ada. Para perwira siswa ini dipersiapkan sebagai pemimpin di masa depan, agar mampu mengambil keputusan terbaik dalam berbagai masalah yang dihadapi, terutama dalam konteks pertahanan Negara,” tandasnya.

(Hardi/Beritasampit.co.id)