Kadin Bersama Polda Kalteng Gelar Vaksinasi di Ponpes Hidayatul Insan Palangka Raya

PALANGKA RAYA – Sedikitnya 100 orang terdiri dari tenaga pengajar dan santri Pondok Pesantren Hidayatul Insan, Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), menjalani vaksinasi Covid-19, Jumat 30 Juli 2021.

Vaksinasi yang gencar dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi bersama Polda dan Kadin Kalteng ini demi mengejar kekebalan komunal atau herd immunity.

“Alhamdulillah ini pesantren pertama yang melaksanakan vaksin. Kami sampaikan terima kasih Kepada Pemprov Kalteng, Polda Kalteng, dan Kadin yang sudah membantu vaksinasi di Pesantren Hidayatul Insan,” kata Pengelola Pesantren Hidayatul Insan, Ustadz Harmain Ibrahmim.

Menurutnya, vaksinasi sangat penting bagi tenaga pengajar dan santri. Pasalnya, pesantren yang berada di Jalan Sukawesi, Kota Palangka Raya ini beberapa waktu yang lalu terdapat beberapa santri yang terpapar Covid-19 hingga membuat pesantren tersebut sempat harus beberapa waktu ditutup.

“Akhir tahun kemarin santri kita sempat terpapar Covid-19, ada sekitar 5 orang. Dan waktu itu, pesantren kita tutup total. Kemudian setelah kita lakukan prokes ketat, kita laksanakan pembelejaran daring dan luring,” kata Harmain menjelaskan.

BACA JUGA:   Wakil Jaksa Agung RI Berikan Arahan kepada Kejari se-Kalteng saat Kunker di Kejati

Dia menyampaikan, bagi yang belajar di pondok, hanya mereka yang menetap atau tinggal di asrama. Dan itu dilakukan sweb terlebih dahulu dan bagi yang dekat atau tidak tinggal di pondok, mengikuti pembelajaran secara daring.

“Total santri kita ada 600 orang dan yang tinggal di asrama atau pondok ada 300 orang. Dan hari ini vaksin yang dilaksanakan untuk 100 orang. Ini kita prioritaskan kepada ustadz/ustadzah dan santri akhir. Harapan kita dengan vaksinasi ini pembelajaran dapat kembali normal,” terang Harmain.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum Kadin Kalteng, Rahmat Nasution Hamka, menyampaikan, pihaknya akan menyuplai makanan bergizi bagi santri selama 1 bulan. Selain dari Kadin Kalteng, bantuan tersebut juga dari Solidaritas Kemanusiaan Huma Betang (SKHB).

BACA JUGA:   Demokrat Siapkan Junaidi untuk Maju di Pemilihan Wali Kota Palangka Raya

“Vaksin hari ini kerjasama Pemprov, Polda, dan Kadin Kalteng. Ini dalam rangka sinergi kita membantu percepatan penanganan Covid-19. Dan kita juga nanti akan siapkan bantuan makanan bergizi untuk santri agar menambah imun,” kata RNH.

Sementara, Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo, mengajak masyarakat untuk terus mentaati protokol kesehatan, karena sangat penting dalam mencegah penyebaran Covid-19.

“Semoga vaksinasi dapat membantu percepatan penanganan Covid-19. Dan saya berpesan agar masyarakat selalu menerapkan protokol kesehatan dan jangan lengah,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, Kapolda juga menyerahkan paket bantuan kepada ustadz/ustadzah serta santri yang mengikuti vaksin. Hadir dalam kegiatan Wakapolda Brigjen Pol Ida Oetari Purnamasasi, Wakil Ketua Kadin Kalteng Frans Martinus, dan Direktur Eksekutif Kadin Rusdi.

(BS-65/beritasampit.co.id)