Wakil Ketua DPRD Kotim Ingatan Ancaman Karhutla

IM/BERITA SAMPIT - Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, H. Rudianur.

SAMPIT – Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), H Rudianur mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar mewaspadai munculnya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), karena gejala alam saat ini menunjukan akan masuk musim kemarau.

“Harus kita antisipasi dan waspadai, terutama untuk areal yang menjadi langganan munculnya Karhutla setiap tahunnya, baik di wilayah Utara maupun Selatan. Tetapi daerah lainnya juga harus kita waspadai bersama,” katanya, Jum’at 30 Juli 2021.

Rudianur menyampaikan bahwa, dirinya melihat dalam peristiwa Karhutla belakangan yang paling kerap terjadi pertama justru di daerah perkotaan dibanding dengan daerah pelosok desa yang jauh dan masih bisa dikendalikan.

BACA JUGA:   Camat Tualan Hulu Angkat Suara Soal Sengketa Koperasi PHL

Maka dari itu, harus menjadi atensi khusus bersama untuk wilayah perkotaan dan membuka lahan jangan sembarangan membakar karena sanksinya tegas dan jelas bisa dipidana.

Wakil Ketua DPRD jebolan Partai Golkar ini mengimbau jelang musim kemarau seperti saat ini, lahan-lahan di perkotaan seharusnya sudah dibersihkan untuk diantisipasi agar tidak terjadi kebakaran.

“Rata-rata lahan yang memang tidak dikelola dan tidak dijaga itu selalu jadi langganan kebakaran, hingga akhirnya terbakar dan menyumbang polusi asap di udara yang begitu luar biasa. Apalagi saat ini pandemi Covid-19, jangan sampai bahaya asap juga mengganggu berjalannya aktivitas kita sehari-hari,” jelasnya.

BACA JUGA:   Nekat Mencoba Perkosa Istri Orang, Pekerja Buruh Ini Akhirnya Tinggal di Bui

Ditambahkannya, tahun ini jangan sampai ada musim kabut asap seperti tahun 2015 lalu. Karena hal itu akan berdampak buruk bagi kehidupan manusia. Di satu sisi pemerintah tengah berjuang mengatasi pandemi Covid-19.

(im/beritasampit.co.id).