Ketersediaan Oksigen Menipis RSUD Kapuas Lakukan Jemput Bola, Langsung ke Distributor di Banjarbaru

Dirut RSUD Kapuas, dr Agus Waluyo.//Ist-ANTARA/handout-Dokumentasi Pribadi;

KUALA KAPUAS – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr H Soemarno Sostroatmodjo Kuala Kapuas, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, melakukan jemput bola yakni pengambilan suplai oksigen ke distributor yang ada di Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

“Ketersediaan oksigen di RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo Kapuas saat ini kondisinya sangat menipis, dikarenakan pasokan dari produsen yang ada di Banjarbaru sangat terbatas,” kata Dirut RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo Kapuas, dr Agus Waluyo, dikutip dari Antara, Senin 2 Juli 2021.

Dikatakannya, bahwa kebutuhan tabung oksigen di rumah sakit tersebut per hari berkisar 60-100 tabung gas, tergantung kebutuhan oksigen yang diperlukan oleh pasien.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, pihaknya melakukan jemput bola, yakni staf-staf RSUD secara langsung datang ke pihak distributor, untuk antre mengambil oksigen.

“Seperti yang baru-baru ini, pihak RSUD Kapuas antre selama 12 jam dan ternyata hanya mendapatkan 25 tabung,” jelasnya.

Ia juga mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan sehingga kasus penularan COVID-19 di Kapuas semakin bisa ditekan. Karena dengan meningkatnya kasus COVID-19, maka kebutuhan oksigen juga meningkat, sedangkan pasokan dari distributor menurun.

“Kami mengimbau masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan, sehingga tidak sampai terjadi yang namanya kekurangan oksigen,” pintanya.

Agus menambahkan, untuk tabung oksigen saat ini digunakan bagi semua pasien. Hanya saja karena ketersediaannya terbatas, maka pihaknya harus melakukan efisiensi sedemikian rupa dalam memilah mana yang memang harus menggunakan oksigen dan mana yang masih bisa tanpa menggunakan oksigen.

(BS-65/beritasampit.co.id)