Ratusan Personel TNI-Polri Akan Amankan Penetapan Gubernur Kalsel Terpilih, Besok

Personel Polda Kalsel yang dikerahkan saat mengamankan pemungutan suara ulang (PSU) Pilgub Kalsel pada 9 Juni 2021 lalu.//Ist-ANTARA/Firman;

BANJARMASIN – Sebanyak 363 personel TNI-Polri disiapkan untuk mengamankan rapat pleno penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) terpilih yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Rabu 4Agustus 2021 di Banjarmasin.

Karo Ops Polda Kalsel, Kombes Pol Nur Subchan, mengatakan, bahwa saat ini Kota Banjarmasin sedang menerapkan PPKM level IV yang harus dipatuhi semua pihak untuk tidak mengadakan acara mengundang banyak orang. Untuk itu, dirinya memastikan rapat pleno benar-benar dibatasi undangan yang boleh hadir langsung di ruangan pada sebuah hotel di Banjarmasin.

“Selain memastikan keamanan terjaga, petugas juga mengawal protokol kesehatan agar diterapkan secara ketat dan hanya pihak-pihak yang diundang KPU saja yang boleh masuk. Itupun jumlahnya sangat terbatas. Kami minta KPU menyiapkan tes antigen ” kata Kombes Pol Nur Subchan, dikutip dari Antara, Selasa 3 Agustus 2021.

BACA JUGA:   Pemkot Banjarmasin Kirim Bantuan Untuk Korban Banjir Katingan

Subchan juga mengingatkan kepada paslon terpilih atau tim pemenangan untuk tidak membawa massa atau simpatisan, sehingga tidak terjadi kerumunan yang tak perlu.

“Kami imbau agar tidak ada euforia berlebihan. Jangan ada pesta kemenangan dan sebagainya. Mari kita jaga kondusifitas daerah terlebih saat ini masih pandemi,” katanya.

Diketahui Mahkamah Konstitusi telah memutuskan untuk tidak melanjutkan persidangan perkara yang dimohonkan oleh paslon urut 2 H Denny Indrayana-H Difriadi (H2D) ke tahapan sidang pemeriksaan.

BACA JUGA:   Dinas Perdagangan HST Lakukan Langkah Konkret Untuk Antisipasi Pungutan Liar di Pasar Keramat

MK juga menguatkan keputusan KPU Provinsi Kalsel Nomor 37/PL.02.6-Kpt/63/Prov/VI/2021 tentang Penetapan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pasca Putusan MK Nomor 124/PHP.GUB-XIX/2021 Dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel Tahun 2020.

Selanjutnya MK memerintahkan termohon (KPU Kalsel) untuk menetapkan paslon terpilih dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel Tahun 2020 yaitu paslon nomor urut 1, H Sahbirin Noor-H Muhidin.

(BS-65/beritasampit.co.id)