Kabupaten Mimika Siap Gelar PON XX Papua

Sekda Kabupaten Mimika saat diskusi Forum Merdeka Barat (FMB).

JAKARTA– Kabupaten Mimika yang menjadi salah satu klaster penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX sudah memastikan kesiapan mereka menggelar hajatan akbar olahraga Indonesia itu.

Dalam sebuah diskusi Forum Merdeka Barat (FMB) bersama Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DKI Jakarta, Djamhuron Wibowo dan Duta PON XX, Boaz Solossa, Sekda Kabupaten Mimika Michael Gommar mengklaim jika pihaknya sudah sangat siap untuk menjadi tuan rumah.

Gommar memaparkan pihaknya sudah menyiapkan akomodasi dan juga bidang lainnya untuk menyambut para kontingen yang akan bertanding di klaster Mimika.

“Akomodasi kita sudah sangat siap sekali, mulai dari hotel dan juga beberapa asrama yang sudah kita lakukan renovasi, semua sudah tersedia sehingga sangat memenuhi standar untuk peserta yang akan hadir,” kata Gomar dalam diskusi tersebut, Selasa (3/8/2021).

Untuk pengadaan peralatan di venue-venue, Gomar mengatakan pihaknya terus berkoordinasi dengan Panitia Besar PON XX.

“Jadi untuk peralatan pertandingan yang sudah disiapkan PB PON itu seperti venue biliar, di mana meja biliar standar internasional sudah dipasang, dan venue lainnya seperti atletik sementara sedang direnovasi untuk warming up-nya dan sedang dikerjakan,” jelas dia.

“Sementara venue futsal juga sedang melakukan persiapan karena ada sedikit perbaikan berdasarkan penilaian dari TD dan juga venue-venue lainnya, sambil menunggu peralatan dan kita juga sedang melakukan over lay penataan kawasan terhadap 12 venue cabor yang ada di Mimika,” ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Mimika juga sudah menyiapkan spot-spot wisata bagi para pengunjung yang akan berdatangan pada saat pelaksanaan PON XX.

“Kita sudah siapkan spot wisata untuk para pengunjung maupun kontingen yang akan datang ke sini, salah satunya ada wisata hutan mangrove. Mudah-mudahan bisa dinikmati sambil mereka bisa berkunjung untuk menyaksikan PON XX,” ujarnya.

Namun, sampai saat ini Sub PB PON Mimika masih menunggu informasi dari PB PON Mimika terkait pembagian tugas bidang konsumsi.

“Untuk konsumsi masih menunggu informasi dari PB PON agar bisa segera dikomunikasikan dan dikoordinasikan tentang pembagian tugas dalam pelayanan terhadap para peserta yang hadir agar bisa terpenuhi pada pelaksanaan PON,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Umum KONI DKI Jakarta, Djamhuron Wibowo juga dalam diskusi tersebut mengatakan bahwa para atletnya tetap melakukan pemantapan persiapan menjelang PON XX, meskipun situasi di tengah pandemi Covid-19.

“Situasi pandemi Covid-19 jangan dijadikan sebagai penghalang, persiapan atlet kita di DKI Jakarta terus berjalan dan para atlet kita sudah siap mengikuti PON XX,” pungkas Wibowo.

(dis/beritasampit.co.id)