Bupati Apresiasi Program Kementerian ESDM Dirasakan Langsung Masyarakat Mura

IST/BERITA SAMPIT - Bupati Mura, Perdie M. Yoseph didampingi Willy M. Yoseph saat peresmian PJUTS Program Kementerian ESDM.

PURUK CAHU – Bupati Murung Raya (Mura) Perdie M. Yoseph menghadiri peresmian Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) Program Kementerian ESDM Tahun Anggaran 2020 yang terletak di 10 Desa sebanyak 100 unit di Kabupaten Mura.

Kegiatan peresmian tersebut secara simbolis dilaksanakan di desa Sungai Bakanon, Kecamatan Permata Intan yang diresmikan oleh Anggota Komisi VII DPR RI Dapil Kalimantan Tengah (Kalteng), Dr. Ir. Willy M. Yoseph, Kamis 5 Agustus 2021.

Willy M. Yoseph Anggota Komisi VII DPR RI Dapil Kalteng menyampaikan, ini suatu langkah yang sangat inovatif sesuai komitmen Kementrian ESDM yaitu “Energi Berkeadilan” dalam tantangan pemenuhan kebutuhan energi dengan memanfaatkan energi baru terbarukan dan juga penggunaan teknologi efesien dalam upaya konservasi energi untuk meningkatkan ketahanan energi.

“Semoga Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya dapat berfungsi dan bermanfaat dengan baik dalam rangka pemenuhan dan pemerataan akses energi bagi kepentingan seluruh masyarakat, khususnya masyarakat Mura,” ucapnya.

Ia menuturkan, saat ini Kabupaten Mura telah mendapat bantuan PJUTS sebanyak 100 Unit yang telah terpasang di 10 desa di Kabupaten Murung Raya antara lain yaitu desa Tumbang Salio, desa Sungai Bakanon, desa Sungai Batang, desa Sungai Gula Kecamatan Permata Intan, Kelurahan Tumbang Kunyi, desa Batu Makap, desa Olong Liko, desa Teluk Jolo Kecamatan Sumber Barito, desa Muara Joloi I dan desa Muara Joloi II Kecamatan Seribu Riam.

“Sedangkan untuk Tahun 2021 Pemkab Mura mendapatkan bantuan PJUTS melalui Program Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia (ESDM RI) sebanyak 50 Unit dan realisasinya akan di bangun di desa Dirung Lingkin, desa Datah Kotou, desa Tahujan Ontu Kecamatan Tanah Siang Selatan,” tutur mantan Bupati Mura dua periode itu.

Sementara itu, Bupati Mura Perdie M. Yoseph mengapresiasi dan berterima kasih kepada Kementrian ESDM yang telah memberikan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) bagi masyarakat sampai ke pelosok desa terjauh termasuk ke pedalaman Kabupaten Mura.

“Pada kesempatan yang baik ini, tentunya kami berterima kasih kepada pihak Kementrian ESDM RI Bapak Willy M Yoseph, melalui Program Kementerian ESDM yang telah memberikan bantuan lampu jalan atau dikenal juga sebagai Penerangan Jalan Umum (PJU) yang digunakan dan bermanfaat sebagai penerangan jalan yang akan dilalui pada malam hari sehingga dapat meningkatkan keselamatan, keamanan dan kenyamanan saat berlalulintas,” pungkasnya (Lulus/beritasampit.co.id).