Tanjung Puting dan Tanjung Keluang Peroleh Suara Sementara Tertinggi Nominasi API 2021

Ilustrasi_Kang Maman.

PANGKALAN BUN – Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Wahyudi, melaporkan bahwa Kabupaten Kobar meraih 2 kategori Ekowisata yang masuk perolehan suara sementara tertinggi dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2021, yakni Rain Forest Trekking Tanjung Puting meraih nilai 71,95 persen dan Taman Wisata Alam (TWA) Tanjung Keluang.

“Klasemen perolehan suara sementara ini untuk periode bulan Juli 2021. Dan pemungutan suara sendiri masih akan terus berlangsung hingga tanggal 31 Oktober 2021,” kata Wahyudi dikonfirmasi, Kamis 5 Agustus 2021.

Agar dua kategori Tanjung Puting dan Tanjung Keluang, menjadi juara pada ajang API 2021, Wahyudi memohon dukungan dari masyarakat Kalteng khususnya Kabupaten Kobar untuk memberikan Vote baik melalui SMS, Instagram maupun Youtube untuk destinasi Kobar.

Bagi pembaca yang ingin mendukung dua destinasi wisata Kobar, dapat dilakukan melalui media sosial instagram @ayojalanjalanindonesia, Youtube Channel APIaward dan SMS Premium.

BACA JUGA:   Kepala SMAN 2 Kumai Drs. Ridwan Sebut 45 Siswanya Dipersiapkan Mengikuti Olimpiade Sains Nasional 2024

Untuk SMS Premium dapat dilakukan dengan cara mengirim SMS ke nomor 99386 (Rp. 2.200, dan berlaku semua provider). Untuk memilih Rain Forest Trekking Tanjung Puting, kategori wisata olahraga dan petulangan, ketik API 7i lalu kirim ke 99386. Kemudian untuk memilih Taman Wisata Alam (TWA) Tanjung Keluang Kategori Ekowisata, ketik API 91 lalu kirim ke 99386.

Terpisah, Chairman of Anugerah Pesona Indonesia (API) Hiro Kristianto dalam siaran presnya mengatakan, sebelumnya telah menyampaikan pada penyelenggaraan kali ini ada sekitar 136 daerah kabupaten/kota dari 27 Provinsi yang telah terpilih masuk dalam 180 nominasi pada 18 kategori.

“Untuk penyelenggaraan kali ini Panita Penyelenggara mencatat bahwa sebagian besar daerah yang menjadi peserta semakin aktif dan giat dalam melakukan kegiatan promosi dalam menarik dukungan masyarakat terhadap nominasi pariwisata kebanggaannya,” kata Hiro Kristianto.

BACA JUGA:   Tingkatkan Profesionalisme dan Kemampuan Prajurit, Lanud Iskandar Laksanakan Latihan Tembak

Tidak ketinggalan, Panitia Penyelenggara pun juga semakin meningkatkan media dan program promosi yang dapat digunakan untuk melakukan promosi. Jika pada tahun sebelumnya telah menggunakan e-flyers dan Video promosi di media sosial, maka tahun ini sudah dikembangkan lagi dengan menggunakan akun Biolink (kartu nama digital).

Bahkan untuk tahun 2021 ini juga semakin rutin dilakukan promosi melalui acara talkshow yang dikemas sebagai API Travel Talk yang dilakukan rutin pada setiap akhir pekan.

“Untuk tahun ini pula dilakukan penambahan jumlah anggota API Ambassador menjadi 9 orang, sehingga setiap API Ambassador bisa lebih fokus dengan hanya menangani 2 kategori,” ungkap Hiro Kristianto. (Man/beritasampit.co.id).