13 Puskesmas di Murung Raya Sedia Swab Antigen dan PCR

IST/BERITA SAMPIT- Wakil Bupati Mura, Rejikinoor saat memimpin Rakor BOR pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

PURUK CAHU- Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Murung Raya (Mura) dr. Suwirman menjelaskan dari 15 puskesmas yang ada di Mura, ada 13 Puskesmas yang sudah sedia fasilitasi untuk swab antigen dan PCR. sementara yang belum adalah Puskesmas Barito Tuhup Raya dan Puskesmas Uut Murung.

“Ada 8 Puskesmas yang bisa digunakan untuk rawat inap, dengan catatan fasilitas dan tenaga medis terpenuhi dan hanya untuk pasien yang kondisi ringan sampai sedang. Kalau mengarah ke berat akan dirujuk ke RSUD Puruk Cahu,” Kata Suwirman saat rapat koordinasi (Rakor) harian Satgas Penanganan Covid-19, Senin 9 Agustus 2021.

BACA JUGA:   Meski Tanpa Dukungan KONI Murung Raya, Dua Atlet Dayung Raih Emas PON Papua

Tidak hanya itu, dr. Suwirman juga menyampaikan laporan pihak RSUD Puruk Cahu sekarang sudah menambah fasilitas tempat tidur untuk menampung pasien Covid-19.

“Pelayanan IGD dan screening Covid-19 meningkat 200 persen di RSUD Puruk Cahu. Semula melayani 10 tempat tidur, sekarang perluasan menjadi 25 tempat tidur. Rata-rata pasien yang bergejala Covid-19 sedang berat atau pneumonia,” tambah dr. Suwirman.

Untuk pelayanan tempat isolasi Covid-19 ruang mawar RSUD Puruk Cahu tersedia 42 tempat tidur dengan rincian 22 pasien Covid-19 bergejala berat- kritis, yang mana setiap 2 – 6 jam ganti oksigen kapasitas besar. Sedangkan untuk 10 pasien memiliki gejala berat potensi kritis sehingga standby oksigen, sisanya 10 gejala sedang berat.

BACA JUGA:   Modal Dasar Membangun Murung Raya Diperlukan Keterbukaan Informasi Publik

Sementara itu, Wakil Bupati Mura, Rejikinoor mengatakan, pandemi ini memang garda terdepan adalah para nakes dan instansi terkait, tapi seluruh elemen memiliki kewajiban untuk saling bahu membahu mengatasinya.

“Kita harus siap menghadapi situasi apapun terkait pandemi ini. Mulai dari level terendah RT, RW, Pustu maupun Puskesmas harus menyiapkan diri untuk mengantisipasi kondisi apapun yang terjadi di masing-masing tempat,”pungkasnya.

(Lulus/beritasampit.co.id)