Melirik 2 Objek Wisata Rainforest Trekking TNTP dan TWA Tanjung Keluang di Kobar

Oleh: Maman Wiharja

KABUPATEN Kotawaringin Barat yang berjuluk “Bumi Marunting Batu Aji“ di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), merupakan salah satu kabupaten bagian barat Kalteng yang sangat kaya akan obyek wisata alam, seperti Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) dan Taman Wisata Alam (TWA) Tanjung Keluang yang lokasinya berada di bibir pantai Tanjung Harap Wilayah Kecamatan Kumai Kabupaten Kobar.

Lokasi obyek wisata TNTP yang sudah puluhan tahun merupakan salah satu koloni Orangutan terbesar di dunia, selain terkenal dengan habitat Orangutan juga terkenal degan Rainforest Trekking (Perjalanan Hutan Hujan), sehingga sebelum terjadi pandemi Covid-19 sudah puluhan ribuan turis Manca Negara yang berkunjung ke TNTP.

Sekedar informasi, bagi mereka yang akan berkunjung ke TNTP kalau melalui transportasi darat, bisa dilakukan bagi para pengunjung khusus dari beberapa Provinsi Kalimantan. Rutenya, setelah sampai Kota Pangkalan Bun langsung saja menuju Kota Kumai.

Bagi pengunjung yang menggunakan transportasi laut, setelah tiba di Pelabuhan Panglima Utar Kumai langsung menuju pos khusus yang dikelola Balai TNTP di Dermaga Pelabuhan Klotok Kumai.

BACA JUGA:   Universitas Muhammadiyah Palangka Raya Targetkan Dua Prodi Raih Akreditas A

Pengunjung setelah melapor ke Pos TNTP, kemudian akan berkunjung ke TNTP bisa menggunakan transportasi Speed Boad atau cater Klotok (Kapal Pesiar Khusus).

Begitu pula, bagi pengunjung yang menggunakan transportasi udara, setibanya di Bandara Iskandar Pangkalan Bun bisa menggunakan Taxi khusus bandara menuju Kota Kumai.

Selain memiliki obyek wisata TNTP, Kabupaten Kobar juga memiliki obyek wisata khusus yakni Taman Wisata Alam (TWA) Tanjung Keluang, yang lokasinya tersendiri dengan bentuk pulau kecil. Bisa ditempuh dengan menggunakan Speed Boad atau Perahu Klotok kecil dari Pantai Kubu Desa Kubu Kecamatan Kumai.

Keberadaan TWA Tanjung Keluang memiliki keindahan alam tersendiri bagi para pengunjungnya. Karena selain bisa menikmati terbenamnya matahari, juga dihari-hari tertentu para pengunjung bisa menyaksikan langsung kura-kura bertelur di pinggir pantai dan setelah bertelur bisa juga menyaksikan ratusan anak kura-kura berlarian memburu buih ombak laut.

Kedua Obyek Wisata, yakni Rainforest Trekking TNTP dan TWA Tanjung Keluang, saat dilombakan Dinas Pariwisata Kobar, sampai periode bulan Juli 2021 memperoleh sementara suara tertinggi dalam Nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2021 .

BACA JUGA:   Dewan Minta Pemprov Kalteng Perhatikan Kesejahteraan Buruh

Dalam katagori/jenis “Olahraga dan Petualangan”. Dari 10 Besar yang masuk nominasi ternyata Rainforest Trekking TNTP meraih urutan pertama (1) dengan nilai tertinggi yakni 71,95 persen. Untuk jenis “Ekowisata”, dari 10 besar, TWA Tanjung Keluang sama meraih urutan pertama (1), dengan nilai tertinggi 43,59 persen.

Klasemen perolehan suara sementara ini untuk periode bulan Juli 2021, pemungutan suara sendiri masih akan terus berlangsung hingga tanggal 31 Oktober 2021. Maka, agar kedua obyek wisata Kobar ini nanti meraih juara Nasional, warga masyarakat Kobar khususnya Provinsi Kalteng mendukung memberi penilaian.

Penilaian dapat dilakukan melalui media sosial instagram @ayojalanjalan indonesia, Youtube Channel APIaward dan SMS Premium.

Untuk SMS Premium dapat dilakukan dengan cara mengirim SMS ke nomor 99386 (Rp. 2.200, dan berlaku semua provider).

Untuk memilih Rain Forest Trekking Tanjung Puting, kategori wisata olahraga dan petulangan, ketik API 7i lalu kirim ke 99386. Kemudian untuk memilih Taman Wisata Alam (TWA) Tanjung Keluang Kategori Ekowisata, ketik API 91 lalu kirim ke 99386. *SEMOGA KOBAR MERAIH JUARA*.