Dua Daerah di Kalteng Rawan Karhutla

Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo. ANTARA/Adi Wibowo;

PALANGKA RAYA – Kapolda Kalteng Irjen Pol. Dedi Prasetyo, umumkan dua Taman Nasional menjadi daerah rawan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yaitu Taman Nasional Sebangau, Taman Nasional Tanjung Puting dan daerah lainnya seperti Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas.

Pernyataan tersebut disampaikannya saat selesai mengikuti apel gelar pasukan dan sarana prasarana penanganan darurat bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Halaman Kantor Gubernur Kalteng, Kamis 12 Agustus 2021.

BACA JUGA:   Mantap! Mukhtarudin Kembali Salurkan 33.043 Dosis Vaksin Covid-19 untuk Kalteng

Dedi Prasetyo menjelaskan untuk yang mendapatkan warning dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) itu Taman Nasional Sebangau, Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Kapuas.

“Hal itu dikarenakan kemarau yang akan terjadi pada Bulan Agustus dan September itu berada di dua Kabupaten tersebut, sehingga kami akan melakukan persiapan secara matang untuk menghadapi hal tersebut,” ucapnya.

BACA JUGA:   Evi Kahayanti : SMKN- Kapuas Usulkan Penimbunan Halaman Sekolah

Pihaknya sudah bekerjasama dengan pihak terkait dalam menangani hal tersebut, seperti patroli, sosialisasi dan lainnya. Selain itu kita juga akan bergabung dengan Pihak TNI untuk melakukan latihan gabungan penanganan karhutla.

“Selain itu untuk satgas yang kami kerahkan itu berjumlah sekitar 1.400 personil yang tersebar di 13 Kabupaten dan satu Kota di Kalimantan Tengah,” pungkasnya.

(Hardi/Beritasampit.co.id)