142 Pasien Covid-19 Dirawat di Asrama Haji Palangka Raya

IST/BERITA SAMPIT - Asrama Haji Al Mabrur Palangka Raya

PALANGKA RAYA – Sebanyak 142 warga yang terpapar Covid-19 menjalani masa penyembuhan melalui isolasi mandiri di Asrama Haji Al Mabrur Palangka Raya di Jalan G. Obos Palangka Raya itu.

Penanggung jawab asrama haji Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Kalteng, Masgi mengatakan jumlah sebanyak 142 pasien isolasi mandiri itu terdiri dari 116 pasien dari tanggal 12 Agustus, ditambah 33 pasien yang baru masuk tanggal 13 Agustus ini, dan terdapat pula 6 pasien yang telah menyelesaikan isolasi mandiri di asrama haji setempat.

BACA JUGA:   Pemprov Kalteng Percepat Pembangunan Kawasan Shrimp Estate

Selain itu Masgi menjelaskan tersedia 46 kamar dengan jumlah tempat tidur sebanyak 188 buah. Sampai saat ini, jumlah tempat tidur yang terpakai sebanyak 142 buah dan tersisa 46 tempat tidur.

“Sejak digunakan sebagai tempat isolasi mandiri oleh Pemprov Kalimantan Tengah, asrama haji Al Mabrur telah menjadi bagian dari penanganan Covid-19 di Palangka Raya,” ucapnya.

Asrama haji Al Mabrur menjadi fasilitas isolasi mandiri terpusat. Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dalam brosur yang dipublikasikan menyebut bahwa masyarakat yang bisa menggunakan fasilitas isolasi mandiri tersebut adalah masyarakat yang dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil rapid tes antigen atau PCR. Kemudian tanpa gejala atau gejala ringan dan bisa mandiri. Selanjutnya, harus memiliki saturasi di atas 95 persen.

BACA JUGA:   Baznas Salurkan Bantuan Kepada 120 Kaum Masjid Se-Kota Palangka Raya

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menyediakan layanan makan tiga kali sehari dan Snack satu kali sehari. Dilakukan pula pemantauan kesehatan oleh tim medis dan pemberian paket vitamin dan obat-obatan ringan.

(Hardi/Beritasampit.co.id)