Pemkab Mura Diminta Sigap Atasi Kekurangan Oksigen

LULUS/BERITA SAMPIT- Wakil Ketua Komisi I DPRD Mura, Tuti Marheni

PURUK CAHU- Pasca terjadi kenaikan signifikan terhadap jumlah kebutuhan oksigen di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Puruk Cahu yang mencapai 2 hingga 3 kali lipat pada minggu lalu, Pemerintah Daerah diminta segera mengambil langkah cepat dalam upaya memenuhi kebutuhan oksigen khususnya untuk pasien Covid-19.

“Tentu kami berharap agar pihak terkait dapat memantau situasi di RSUD Puruk Cahu serta segera melakukan koordinasi terkait dengan ketersediaan oksigen,” Kata Wakil Ketua Komisi I DPRD Mura, Tuti Marheni saat dikonfirmasi wartawan, Jumat 13 Agustus 2021.

BACA JUGA:   Generasi Muda Harus Dapat Memaknai Pancasila Sebagai Ideologi Negara

Lebih lanjut, politisi Nasdem ini menyampaikan bahwa persoalan kelangkaan oksigen ini harus cepat diatasi, karena menyangkut dengan keselamatan pasien. Oleh karena itu, dirinya mendesak kepada Pemda setempat, agar segera teratasi permasalahan kekurangan oksigen dimaksud.

“Kami yakin pihak RSUD Puruk Cahu sendiri dan Dinkes pasti sudah melakukan langkah-langkah pemesanan oksigen ke supplier terkait,” tutur legislator Nasdem itu.

BACA JUGA:   Ketua DPRD Minta Jembatan Gantung di Desa Tumbang Kunyi Segera Dibangun Tahun 2022

Dikonfimasi terpisah, direktur RSUD Puruk Cahu drg Marthin Maha mengatakan ketersediaan oksigen di RSUD Puruk Cahu saat ini hanya dapat mencukupi kebutuhan oksigen dalam beberapa waktu.

“Sedangkan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), diinformasikan ketersediaan oksigen hanya sampai sehari ke depan, dan sudah ada arahan untuk menghemat penggunaan oksigen bagi pasien,” pungkasnya.

(Lulus/beritasampit.co.id)