Kwarran Gerakan Pramuka Baamang Gelar Ulang Janji Secara Terbatas Dimasa Pandemi

PRAMUKA (JUN/BERITA SAMPIT) - Ketua Kwarran Kecamatan Baamang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Dadang Siswanto (kiri) saat memimpin upacara ulang janji pramuka, Jumat 13 Agustus 2021, malam.

SAMPIT- Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka Kecamatan Baamang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menggelar renungan dan upacara ulang janji pramuka dalam rangka hari pramuka ke 60 Tahun 2021.Kegiatan rutin tahunan ini dilaksanakan secara terbatas dengan tetap mematuhi protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

Meski digelar terbatas/ Ketua Kwarran gerakan pramuka Kecamatan Baamang, Dadang Siswanto, menyebut, peringatan malam Hari Pramuka kali ini tidak menghilangkan esensi semangat Gerakan Pramuka terlebih di masa pandemi Covid-19 Pramuka harus hadir dan menjadi bagian di tengah-tengah masyarakat.

“Pramuka itu harus peka terhadap persoalan-persoalan yang ada di masyarakat, khususnya di tengah pandemi seperti ini,” kata Dadang, saat dibincangin beritasampit.co.id, Jumat 13 Agustus 2021, malam.

Renungan dan ulang janji ini, seakan sudah menjadi keharusan yang dilakukan oleh anggota pramuka dalam rangka memperingati hari pramuka. Diawali dengan mengucapkan Dasa Dharma dan Trisatya sebagai wujud janji pramuka terhadap negara dalam menjaga ibu pertiwi.

Dadang mengatakan, pramuka bisa menjadi suatu wadah untuk menyalurkan bakat-bakat positif, tetap eksis dan berprestasi agar dapat menjadi teladan para pemuda khususnya di kecamatan Baamang, serta dapat mendorong gerakan pramuka untuk lebih meningkatkan kontribusinya dalam upaya membentuk karakter kaum muda yang baik sebagai calon pemimpin bangsa yang handal di masa depan.

BACA JUGA:   Rencana Pengelolaan Integrasi Internet Pemkab Kotim Dimulai Awal 2022

“Sebagai ketua kwarran saya sangat apresiasi dengan perjuangan pramuka Baamang yang turut dan selalu siap dalam berbagai kegiatan, baik kemasyarakatan maupun sosial. Meski dengan kegiatan yang serba terbatas ditengah pandemi Covid-19, semoga jajaran pramuka di kecamatan Baamang dapat terus berkarya dengan kegiatan yang bermutu dan turut membantu pemerintah untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya prokes kepada lingkungan masyarakat sekitar,” ucap  anggota DPRD Kotim ini.

Dari pantauan di lokasi kegiatan, sebelum masuk arena kegiatan di halaman markas sementara kwarran Baamang tepatnya di sanggar Izzatul Fata, Jalan Wolter Condrat, Kawawasan Bunga Sari 2 Sampit, peserta berseragam pramuka lengkap ini diperiksa suhu tubuh, diwajibkan memakai masker dan saat kegiatan peserta tetap menjaga jarak.

BACA JUGA:   DPMD Kotim Gelar Rakor Camat, Kades dan Kasi PMD Bahas Pengelolaan Keuangan Desa

Dibawah temaramnya cahaya lilin, upacara ucap ulang janji trisatya ini dilakukan sambil memegang bendera merah putih sebagai bhakti kepada nusa dan bangsa dan sebagai tekad penerus cita-cita pahlawan pejuang kemerdekaan Republik Indonesia, khususnya pahlawan pendidikan kepramukaan.

Sekretaris Kwarran Baamang Amrullah, mengungkapkan, dalam berkegiatan yang dihadiri Ketua Kwarran Baamang Dadang Siswanto, perwakilan dari Polsek dan Koramil Baamang, serta diikuti perwakilan Dewan Kerja Ranting dan andalan ranting dari berbagai saka dan beberapa gugus depan di kecamatan tersebut dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan sangat ketat.

“Pelaksanaannya dipersingkat sekitar 10 menit dan hanya diikuti 30 peserta perwakilan pembina gugus. Kegiatannya diisi dengan upacara ulang janji, pembacaan trisatya dan Dasa Dharma. Kemudian ditutup doa dengan harapan kita semua diberikan kekuatan menghadapi pandemi Covid-19, semoga situasi ini dapat segera berakhir dan kita dapat beraktivitas normal seperti tahun-tahun sebelumnya,” kata Amrullah.

(BS-65/beritasampit.co.id)