Pasar Niaga di Banturung Hangus Terbakar, Kerugian Mencapai Rp 1 Miliar

KEBAKARAN : IST/BERITA SAMPIT - Petugas saat olah TKP kejadian kebakaran satu unit Pasar Niaga Kelurahan Banturung.

PALANGKA RAYA – Telah terjadi kebakaran satu unit Pasar Niaga Kelurahan Banturung yang terbagi menjadi dua pintu atau blok semi permanen, lantai semen, dinding kayu dan beratap Multirub, ukuran 8 x 15 Meter di RT 01 RW 03 Kelurahan Banturung, Kecamatan Bukit Batu Kota Palangka Raya, Sabtu 14 Agustus 2021 sekitar pukul 10.10 WIB.

Kapolsek Bukit Batu, Ipda Dedi Satria mengatakan, bahwa berdasarkan keterangan dari saksi bernama Charlos (15), dirinya pada saat itu sekitar pukul 10.10 WIB sedang berada di dalam kamar blok pasar milik Marthen Charles (58).

“Lalu Charlos mendengar suara ledakan dan keluar dari dalam kamar menuju ruang tengah toko dan melihat percikan api di kilometer listrik, dan api degan cepat merambat melalui kabel listrik ke atas plafon bangunan tersebut,” kata Ipda Dedi.

BACA JUGA:   Puluhan Desa/Kelurahan Pada 6 Kecamatan di Kotim Kembali Diterjang Banjir

Selanjutnya, Charlos masuk ke kamar untuk mengambil ijazah dan langsung keluar dari dalam rumah kerena api semakin membesar.

Ipda Dedi mengungkap, dalam peristiwa kebakaran pasar tersebut tidak ada korban jiwa dan api berhasil dipadamkan sekitar pukul 11.30 WIB oleh Tim Unit Pemadam Kecamatan Bukit Batu dan Tim Unit Pemadam Kebakaran Pemko Palangka Raya.

Untuk kerugian material diperkirakan mencapai Rp 1 miliar dan berdasarkan keterangan saksi-saksi serta olah TKP oleh Polsek Bukit Batu bersama Tim Identifikasi Inafis Polresta Palangka Raya, dan Inafis Krimum Polda Kalteng bahwa peyebab kebakaran diduga akibat korsleting arus listrik. Hal ini akan dilakukan penyelidikan lebih lanjut.

BACA JUGA:   Hadapi PTM, Dewan Dorong Percepatan Vaksinasi bagi Pelajar

Tindakan Kepolisian yang telah dilakukan oleh Polsek Bukit Batu beserta Tim Inafis Polresta Palangka Raya dan Inafis Krimum Polda Kalteng seperti, mendatangi dan mengamankan Tempat Kejadian Perkara (TKP) (Pasang Police Line).

Selain itu, membantu kelancaran Tim Pemadam Kebakaran dalam memadamkan api di pasar tersebut. Melakukan olah TKP oleh Polsek Bukit Batu, bersama Tim Identifikasi Inafis Polresta Palangka Raya dan Inafis Krimum Polda Kalteng, dan mencatat dan meminta keterangan Korban (Penghuni Pasar), serta saksi-saksi. (Hardi/beritasampit.co.id).